Rabu, 23 September 2020
Beranda Lifestyle Ramadhan Sekedar Mengingatkan, Ini Tata Cara Sholat Idul Fitri

Sekedar Mengingatkan, Ini Tata Cara Sholat Idul Fitri

RANCAH POST – Akhirnya, setelah satu bulan penuh melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, umat Muslim segera melaksanakan shalat hari raya Idul Fitri.

Sekedar mengingatkan, berikut tata cara shalat Idul Fitri. Namun sebelumnya, ada beberapa hal harus diketahui sebelum melaksanakan shalat.

Pertama, rukun dan syarat shalat Idul Fitri tidak berbeda dengan shalat lima waktu. Namun tidak seperti shalat 5 waktu yang hukumnya wajib, shalat Idul Fitri hukumnya sunnah muakad.

Kedua, tempat pelaksanaan sebaiknya dilakukan di lapangan jika daya tampung masjid tidak mencukupi. Kalau daya tampungnya muat, boleh dilaksanakan di masjid.

Ketiga, waktu sholat Idul Fitri dimulai dari matahari terbit hingga waktu shalat Dzuhur. Sunnah untuk memperlambat shalat ied supaya ada kesempatan yang lebih luas bagi Muslim yang hendak mengeluarkan zakat fitrah.

Tata Cara Sholat Idul Fitri

Sebelum melaksanakan shalat, tentu harus membaca niat terlebih dahulu. Berikut niat sholat Idul Fitri untuk imam dalam bahasa Arab.

“Usholli sunnatan ‘iidil fithri rok’ataini imaaman lillaahi ta’aalaa.” Artinya, saya niat shalat sunat Idul Fitri dua rakaat sebagai imam karena Allah.

Untuk makmum, berikut niat shalat Idul Fitri dalam bahasa Arab.

“Usholli sunnatan ‘iidil fithri rok’ataini ma’muuman lillaahi ta’aalaa”. Artinya, saya niat shalat sunat Idul Fitri dua rakaat sebagai makmum karena Allah.

Setelah mengucapkan niat, tata cara shalat ied berikutnya adalah melakukan takbiratul ihram sebagaimana shalat lima waktu.

Namun setelah membaca doa iftitah, tidak langsung membaca surat al Fatihah, tapi terlebih dahulu melakukan takbir sebanyak 7 kali.

Di antara takbir tersebut, dianjurkan untuk membaca ‘subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar’.

Kemudian, dilanjutkan dengan membaca surat al Fatihah dan disambung dengan surat lainnya. Untuk selanjutnya, gerakan shalat seperti pada shalat lima waktu.

Di rakaat kedua, berbeda dengan rakaat pertama, takbir dibaca lima kali sebelum membaca al Fatihah. Sama seperti rakaat pertama, di antara takbir juga membaca ‘subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar’.

Setelah sholat Idul Fitri selesai, selanjutnya dilakukan khutbah oleh khatib hingga selesai. Demikian tata cara sholat Idul Fitri yang sudah biasa dilakukan setiap tahunnya. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,970FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan