RANCAH POSTIBM Research kembali dikabarkan telah melakukan terobosan, dengan mengembangkan sebuah teknologi penyimpanan optik yang mampu menggeser popularitas RAM dan Flash Storage. Dan teknologi ini diklaim akan mampu populer di pasar smartphone masa depan.

Teknologi tersebut tidak lain adalah Phase-Change Memory (PCM). Teknologi yang sudah ada sejak lama, namun dianggap terlalu mahal untuk dipakai pada perangkat mobile seperti Smartphone. Layaknya teknologi optik lain, teknologi ini juga menggunakan arus listrik untuk menulis dan membaca data dari kaca amorf.

Sejak 15 tahun terakhir, teknologi PCM ini telah cukup banyak digunakan baik pada disk optik maupun teknologi lainnya. Namun berbeda dengan teknologi PCM yang dikemukakan IBM pada event IEEE International Memory Workshop di Paris Selasa lalu. IBM mengaku telah menemukan cara untuk memangkas harga jual PCM yang dinilai mahal tersebut. Bukan hanya itu saja, mereka juga telah menemukan cara khusu untuk mampu menyimpan 3-bit data per sell, bahkan dalam suhu ruang tinggi sekalipun.

Tindakan yang diambil IBM ini diprediksi akan mampu mendongkrak popularitas PCM di pasar mobile. Bahkan bukan itu saja, dengan perkembangan yang pesat, tidak akan mustahul jika di masa mendatang harga murah PCM akan bisa menggeser posisi DRAM dan Flash storage.

Ada beberapa kelebihan dari teknologi PCM ini, salah satunya PCM tidak akan kehilangan data ketika sistem dimatikan. Dan ketika PCM dan Flash storange daipadukan, keduanya akan mampu menghasilkan sistem cache secepat kilat. Bahkan IBM juga mengatakan jika nantinya sostem operasi akan bisa disimpan pada PCM, yang akan membuat perangkat bisa melakukan boot-up dalam hitungan detik.

Sejauh ini, masa depan PCM memang masih belum terlalu menjanjikan. Namun jika dikembangkan dengan benar dan baik, maka tidak mustahil jika teknologi PCM ini mampu menjadi masa depan sistem penyimpanan mobile.

Share.

Leave A Reply