RANCAH POST Cara membuat donat kentang spesial. Donat merupakan makanan yang sudah tak asing lagi di telinga kita. Bentuknya bulat dan memiliki lubang di tengah sekilas dengan bentuk cincin adalah ciri khas dari makanan ini. Donat biasanya berbahan dasar tepung terigu saja, tetapi ada juga yang memberikan variasi yang lain dengan menambahkan kentang kepada adonannya.

Donat ini sangat nikmat jika disantap sebagai teman makan teh dan juga untuk berkumpul bersama keluarga. Supaya lebih praktis juga sehat, alangkah lebih baknya jika Anda membuat sendiri donat favorit Anda di rumah. Berikut ini cara membuat donat kentang yang tentunya sangat enak dan juga spesial.

Resep Donat Kentang

Bahan-bahan yang Dibutuhkan
1/2 kg tepung terigu protein tinggi
4 butir telor
1/4 kg kentang
1/4 kg mentega
11 gr ragi instan
1 sdt garam
4 sdm gula (tergantung selera)
3 sdm susu bubuk full cream
1/2 gelas air sekitar 100 ml
Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk Topping
100 gram Dark Cooking Chocolate atau 1 coklat batangan
2 sendok makan margarin
Meses atau tepung gula secukupnya

Cara Membuat Donat Kentang
Potong kentang kedalam beberapa bagian, lalu rebus hingga matang. Setelah itu, haluskan kentang dengan cara ditumbuk ataupun diblender. Pastikanlah kentang benar-benar halus dan rata. Masukkan tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi, telur, baking powder serta kentang yang sudah dihaluskan tadi. Lalu aduk rata kira-kira 20 menit.
Aduk adonan memakai alat pengaduk hingga setengah kalis lalu diamkan kira-kira 30 menit hingga adonannya mengembang.
Hindari untuk mencampurkan ragi, mentega, dan garam secara bersama-sama karena bisa menyebabkan adonan tak mengembang dan terkesan kaku.
Selanjutnya masukkan garam, mentega, serta air kemudian aduk sampai benar-benar kalis. Lama pengadukan kira-kira 10 menit. Lalu bagi adonan menjadi beberapa bagian serta diamkan 15 menit supaya adonan benar-benar mengembang. Kemudian, bentuk adonan layaknya donat pada umumnya yakni terdapat lubang ditengahnya. Anda juga dapat membentuk adonan dengan selera anda.
Tuangkan minyak ke dalam wajan, lalu goreng adonan donat ke dalam api kecil sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan. Pakailah alat bantu misalnya sumpit saat menggoreng donat supaya memperoleh lingkaran sempurna pada lubang donat.

Untuk membuat toping pada donat, Iris kecil-kecil coklat terlebih dahulu dengan memakai pisau. Masukkanlah dua sendok margarin juga coklat yang sudah di iris kecil-kecil tadi ke dalam wajan anti-lengket dan masak sampai mencair. Celupkan sisi atas donat ke dalam coklat cair yang tadi, lalu taburkan meses di atasnya.

Itulah cara membuat donat kentang yang tentunya sangat lezat dan juga spesial. Selamat mencoba!

Share.

Leave A Reply