Beranda Kuliner Cara Membuat Mie Ayam Rumahan Enak dan Praktis

Cara Membuat Mie Ayam Rumahan Enak dan Praktis

0
Cara Membuat Mie Ayam Rumahan Enak dan Praktis
Cara Membuat Mie Ayam Rumahan Enak dan Praktis

RANCAH POSTCara membuat mie ayam rumahan enak dan praktis. Siapa yang tak tau dengan makanan yang sangat fenomenal dengan panggilan mie ayam? Mie ayam adalah salah satu kuliner yang mempunyai banyak sekali penggemar. Alasannya sangat sederhana, rasanya yang enak serta kuahnya yang lezat  menjadikan siapa saja tentu mau menyantapnya.

Disamping itu mie ayam juga nikmat dinikmati kapanpun dan dimanapun, baik itu pada saat musim hujan maupun musim kemarau. Salah satu ciri khas dari mie ayam yakni ayamnya yang berwarna kecoklatan yang diletakkan diatas mie dan dilengkapi dengan toping misalnya pentol bakso ataupun kerupuk pangsit.

Nah, daripada kita harus membeli hanya untuk menikmati mie ayam yang lezat ini, alangkah lebih baiknya jika Anda membuat sendiri di rumah. Seperti apa caranya? Berikut cara membuat mie ayam yang enak dan juga praktis.

Resep Mie Ayam

Bahan yang diperlukan
½ kg mie basah/mie kering, rebus
350 gr ayam cuci bersih, potong kotak-kotak kecil
Daun sawi secukupnya, rebus
3 btg daun bawang, iris
150 ml minyak ayam
150 ml kecap asin
3 sdm kecap manis
2 sdm kecap inggris
Penyedap rasa secukupnya
Bawang goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 cm jahe
2 cm kunyit
1 sdt ketumbar

Cara Membuat Mie Ayam
Mula-mula tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai berbau harum serta berubah warna, lalu masukkan potongan ayam yang sudah dipotong-potong kecil, aduk-aduk sampai ayam masak serta bumbu meresap dengan sempurna.

Sesudah itu masukkan air secukupnya atau sesuai selera diamkan sampai mendidih serta ayam masak, kemudian beri kecap asin, kecap manis, kecap inggris, serta penyedap rasa secukupnya, lalu aduk-aduk sampai merata. Selanjutnya angkat kemudian tiriskan ayam yang sudah matang dan letakkan di tempat yang berbeda.

Untuk menyajikannya, masukkanlah minyak ayam kedalam mangkuk, lalu masukkan pula mie yang sudah direbus sebelumnya. Kemudian taruh ayam yang sudah ditumis tadi diatas mie, masukkan kuah sesuai selera, kemudian beri daun sawi, daun bawang dan juga bawang goreng secukupnya. Itulah cara membuat mie ayam yang tentunya mudah dan enak. Selamat mencoba!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here