Jumat, 30 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Juku Kambu Khas Makassar

Resep Juku Kambu Khas Makassar

RANCAH POSTResep juku kambu khas Makassar. Seperti yang telah diketahui bahwa Indonesia merupakan negara maritim di manan memiliki daerah perairan yang sangat luas. Dengan perairan yang luas tersebut, banyak sekali berbagai macam biota laut yang hidup di sana.

Tak terkecuali ikan bandeng, walaupun sekarang ikan ini dapat dibuidayakan di dalam air tawar, namun habitat asli ikan yang lezat ini adalah air payau. Ikan bandeng sangatlah kaya akan kandungan nutrisi dan juga  gizi yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk tubuh.

Nah, selain memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan, ikan ini juga sangatlah enak dan juga nikmat. Kali ini kami akan membagikan salah satu resep bandeng yaitu Juku Kambu. Resep Juku Kambu ini meruapakan resep makanan khas makassar. Hmm seperti apa ya cara membuatnya? Langsung saja deh, simak resep juku kambu khas makassar berikut ini.

Resep Juku Kambu Khas Makassar

Bahan-bahan
2 ekor ikan bandeng
3 butir telur, pisahkan kuning dengan putihnya
100 gr kelapa parut kasar, sangrai, haluskan
1/2 sdt air asam jawa (dari 1/2 sendok teh asam jawa dan 1 sendok teh air)
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula merah sisir

Bumbu Halus
1 sdt ketumbar, disangrai
1 btg serai, digoreng
1 cm lengkuas, digoreng
8 butir bawang merah, digoreng
2 siung bawang putih, digoreng
1/4 sdt merica bubuk

Cara Membuat Juku Kambu
Bersihkan terlebih dahulu ikan. Pukul-pukulah badan ikan. Lalu keluarkan tulang ikan dan juga dagingnya. Sisihkan. Kukus daging ikan di atas api sedang sekitar 15 menit hingga matang. Angkat. Buang duri-durinya. Lalu cincang halus. Campur daging ikan, bumbu halus, kuning telur, kelapa sangrai, air asam jawa, garam, dan juga gula merah hingga rata. Masukkan ke dalam kulit ikan. Celupkan ke dalam putih telur. Goreng di dalam minyak yang telah dipanaskan hingga matang.

Nah, itulah resep juku kambu khas makassar yang tentunya sangat unik dan juga khas. Masakan ini tentunya tidak akan sulit untuk Anda coba di rumah. Sajikanlah masakan ini untuk menemani makan  malam istimewa Anda bersama keluarga. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,260PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan