RANCAH POSTJahe, rempah ajaib pelindung tubuh. Selain digunakan untuk bumbu dan juga penyedap masakan, jahe juga dapat menjadi alternatif minuman yang amat bermanfaat untuk kesehatan. Umumnya jahe dikonsumsi dengan cara diolah menjadi minuman hangat yang amatlah nikmat dinikmati ketika musim hujan ataupun musim dingin.

Bukan tidak ada alasan banyak orang mengonsumsi jahe, karena jahe memiliki khasiat yang cukup banyak. Jahe melindungi tubuh dengan cara berikut ini.

Menjaga fungsi lambung.
Untuk yang mempunyai penyakit asam lambung, jahe amat bagus untuk dikonsumsi. Senyawa asheton dan juga methanol yang terkandung di dalam jahe dapat mencegah iritasi pada gangguan pencernaan dan dapat menjaga fungsi lambung

Redakan gangguan otot dan sendi.
memiliki gangguan di otot dan sendi tubuh? Jahe merupakan salah satu solusinya. Jahe mempunyai sifat anti-inflamasi yang bagus untuk mengurangi gangguan otot dan juga sendi tubuh manusia. Caranya adalah rebus jahe di dalam air mendidih. ketika proses perebusan tersebut, jahe akan mengeluarkan ‘minyak’ jahenya. Minyak ini lalu dioleskan guna meredakan gangguan otot dan juga sendi tubuh.

Melancarkan aliran darah.
Jahe memiliki kandungan kromium dan juga magnesium yang berkhasiat untuk menjaga aliran darah di dalam tubuh supaya tetap normal.

Mengatasi morning sickness.
Biasanya, ibu hamil akan mengalami morning sickness ketika masa kehamilan. American Pregnancy Association menganjurkan untuk minum jahe supaya mengatasi gangguan rasa mual di pagi hari. Kandungan gingerol yang ada pada jahe dapat mengatasi nausea (rasa mual) yang selalu dirasakan ibu hamil.

Mencegah pertumbuhan sel kanker.
Sebuah studi dari University of Mennesota’s Hormel Institute Amerika Serikat, pada tahun 2003 mengatakan bahwa jahe memiliki kandungan senyawa yang memiliki sifat antikanker. Mengkionsumsi jahe dengan tepat dan juga rutin dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker usus besar.

Meredakan mual dan pusing.
Ketika tengah dalam perjalanan, janganlah lupa untuk membawa jahe dapat dalam bentuk permen ataupun minuman jahe untuk berjaga-jaga jika mengalami mual dan pusing. Akar jahe merah mempunyai kandungan dramamine yang mempunyai khasiat untuk meredakan rasa mual dan juga pusing.

Itulah beberapa manfaat dari jahe yang sangat menakjubkan. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply