Rabu, 28 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Lontong Sayur Khas Betawi

Resep Lontong Sayur Khas Betawi

RANCAH POSTResep lontong sayur khas betawi. Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan dari berbagai macam suku bangsa. Dan dari setiap daerahnya, terdapat beberapa hal yang unik dimulai dari kesenian, bahasa, serta kuliner. Nah salah satu yang akan dibahas kali ini yakni kebudayaan suku betawi.

Ya, seperti diketahui, suku betawi adalah masyarakat asli dari ibukota Jakarta. Jika kita mendengar kata betawi, tentunya kita akan teringat pada keseniannya yakni ondel-ondel, dan juga hal lain yang tentunya sangat khas dan juga unik. Nah, selain keseniannya, makanannya pun sangat beragam dan tak kalah lezatnya. Salah satu yang sangat terkenal yakni kerak telor.

Namun, kali ini kami tidak akan membahas tentang kerak telor, melainkan salah satu makanan khas lainnya yang juga sudah terkenal dan tentunya kita pasti mengetahuinya. Ya, makanan itu adalah lontong sayur. Kali ini kami akan membagikan resep lontong sayur yang pastinya asli dan khas. Berikut resepnya khusus untuk Anda.

Resep Lontong Sayur Khas Betawi

Bahan
150 gram tetelan, dipotong-potong
1.000 ml air
2 batang serai, dimemarkan
2 lbr daun jeruk
15 lonjor kacang panjang, dipotong 2 cm
6 buah telur, rebus,
6 buah tahu segitiga kulit
250 gram labu siam, potong panjang
2 sdm gula merah sisir
3 1/2 sdm Garam
1.500 ml santan dari 1 butir kelapa
5 sendok bawang goreng
100 gram kerupuk kanji
6 buah lontong
3 sendok makan minyak goreng

Bumbu Halus
10 buah bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah cabai merah
2 cm jahe
2 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh jintan

Cara Membuat Lontong Sayur Betawi
Rebus tetelan, air, serai, dan juga daun jeruk hingga lunak. Ukur kaldu sebanyak 750 ml. Tumis bumbu halus hingga berbau harum. Tuangkan ke dalam rebusan tetelan. Masukkan gula, garam, telur, tahu, dan juga santan,didihkan sembari diaduk. Tambahkan kacang panjang dan juga labu siam. Rebus hingga matang. Sajikan lontong dengan bawang goreng,dan juga kerupuk goreng.

Nah, itulah resep lontong sayur yang tentunya sangat enak dan juga khas. Tidak perlu nyari-nyari pedagang lontong sayur hanya untuk memenuhi keinginan untuk menyantap lontong sayur. Bikin sendiri aja deh, lebih aman dan juga terjamin. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,261PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan