30.9 C
Ciamis
BerandaTeknologiSoftwareWindows Phone Didaulat Sebagai Platform Mobile Paling Aman

Windows Phone Didaulat Sebagai Platform Mobile Paling Aman

RANCAH POST – Baru-baru ini, Microsoft mendapatkanangin segar untuk produk OS mobile andalanya, Windows Phone. Hal ini sendiri berkaitan dengan tingkat keamanan pada handset bertenaga Windows Phone yang dinilai lebih baik ketimbang ponsel lain seperti BlackBerry atau bahkan Android.

Hal ini sendiri diungkap oleh seorang hacker sekaligus ahli keamanan, Steve Lord. Lord mengatakan bahwa dari semua OS populer saat ini, Windows Phone menduduki posisi pertama sebagai ponsel teraman, atau sebagai smartphone atau OS dengan tingkat kerentanan paling rendah.

Produk milik Microsoft ini dinilai mampu mengungguli BlackBerry yang duduk di posisi kedua sebagai platform paling aman. Di sisi lain, Android dianggap sebagai platform paling rentan dan paling mudah disusupi sistem berbahaya dan dibajak hacker. Bahkan menurut Steve, sebuah serangan akan bisa dilancarkan hanya bermodal pesan atau email untuk sebuah platform Android.

Dan untuk iOS, rupanya ia menduduki posisi ke-2 sebagai platform mobile paling rentan, yang artinya posisinya turun ke posisi ke-3 jika dilihat dari tingkat keamanan terbaik.

Oleh karena itu, untuk penggemar ponsel model lama dengan kebutuhan terbatas, Steve menyarankan untuk menggunakan ponsel basic (bukan smartphone) yang keamanannya lebih terjamin. Namun jika terpaksa harus pakai smartphone, ia merekomendasikan Windows Phone 8 atau yang lebih baru. Dan sebagai pilihan kedua adalah OS BlackBerry 10.

Selain dari keamanan dan ketatnya sistem yang digunakan Microsoft pada Windows Phone, Steve Lord juga mengungkapkan alasan lain mengapa Windows Phone bisa lebih aman dari platform lainnya. Menurutnya, pangsa pasar dari Windows Phone yang sangat kecil adalah salah satu alasan terbesarnya. Dengan kecilnya pasar Windows Phone saat ini, para hacker dinilai akan merasa malas dan enggan untuk mengeksploitasi tiap kerentanan yang mereka temukan. Toh jika diulik sekalipun, manfaatnya tidak terlalu besar.

Berbeda dengan platform Android yang lebih luas lingkungannya, kerentanan kecilpun bakal terus dikorek-korek hingga menjadi lubang besar. Inilah masalah utamanya.

Stay Connected

104,855FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here