RANCAH POSTJangan lakukan kesalahan ini supaya sayuran yang Anda konsumsi menjadi lebih sehat. Menjaga kesehatan tubuh dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran merupakan salah satu langkah yang bijak yang harus Anda lakukan. Sayangnya, cara mengolah serta memasak sayur-sayuran yang keliru terkadang justru menghilangkan semua vitamin serta nutrisi penting di dalam sayur, sehingga menjadikan sayur-sayuran itu menjadi kurang nilai kesehatannya.

Nah, supaya sayuran yang Anda makan tetap sehat dan tidak berkurang vitaminnya karena proses memasak, berikut ini hal yang tidak boleh Anda lakukan.

Mencucinya dengan Asal-Asalan
Sayuran yang Anda beli di pasar atau di tukang sayur langganan Anda di depan rumah tentu tak lepas dari pestisida serta berbagai bahan kimia ketika ditanam. Oleh karena itu, sayuran yang baru dibeli mesti dicuci dengan bersih sebelum diolah untuk dijadikan bahan masakan. hindarilah untuk mencuci sayuran dengan cara asal-asalan. Karena, hal ini dapat menjadikan sisa-sisa pestisida yang menempel di sayuran tak terbuang dengan sempurna. Pastikanlah Anda mencuci sayuran sampai terendam ke semua bagian. Kemudian bersihkan di dalam air serta cuci dengan menggunakan air mengalir. Apabila perlu, Anda dapat merendamnya sebentar dengan menggunakan air garam untuk meluruhkan kotoran-kotoran yang masih menempel pada sela-sela batang sayuran tersebut.

Membuang Bagian-bagian Penting dari Sayuran
Tanpa Anda sadari, ketika kita membersihkan serta memotong-motong sayuran, Anda membuang bagian yang penting dari sayuran itu. Sebagai contohnya, ketika Anda memasak brokoli. Anda tentu membuang bagian bonggol dari brokoli itu dan hanya memakai bagian bunganya saja. Padahal, bagian bonggol tersebut nyatanya kaya akan nutrisi serta vitamin penting yang tak ada pada bagian lainnya.

Memasaknya Terlalu Lama
Banyak dari kita yang mungkin memiliki anggapan jika sayuran mesti dimasak di dalam waktu yang lama supaya matang dengan sempurna. Anggapan ini sangat salah besar. Karena, memasak sayuran dengan sangat lama dapat menghilangkan kandungan nutrisinya. Seharusnya Anda tak memasak sayuran lebih dari waktu 3 menit. Hindarilah proses memasak serta merebus sayuran yang terlalu lama. Untuk gantinya, Anda dapat men-steam sayuran itu.

Memakannya Mentah
Beberapa sayuran memang bagus apabila dimakan ketika mentah. Namun, beberapa sayuran lain, misalnya tomat, justru memmerlukan proses memasak yang pas supaya Anda dapat menikmati seluruh kandungan nutrisinya.

Mengolahnya Menjadi Jus
Kedengarannya memang sangat praktis dan tidak ribet. Sayangnya, apabila Anda biasa membuat jus sayuran yang akan Anda konsumsi hal ini juga dapat mengurangi kandungan serat yang terdapat di dalam sayuran tersebut.

Nah, itulah beberapa kesalaha yang tidak boleh Anda lakukan supaya sayuran yang Anda konsumsi lebih sehat. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply