Berita MotoGP, RANCAH POST – Jorge Lorenzo yang tengah bersaing ketat dengan Valentino Rossi dalam mengumpulkan pundi-pundi poin klasemen sementara pembalap MotoGP mengalami crash di tikungan cepat yang pendek, tikungan ke 15 setelah tak berapa lama ia mengganti ban dalam balapan MotoGP Misano beberapa waktu lalu.

Balapan yang dimulai dengan ban kering, kemudian semua pembalap terpaksa harus mengganti motor saat rintik-rintik hujan mulai membasahi lintasan. Lorenzo yang telah mempertahankan keunggulan tipis atas Marquez dan Rossi setelah pit stop pertama, harus mundur ke posisi kedua setelah lintasan berubah menjadi basah.

Tersisa 10 lap, Marquez telah memasuki pit untuk yang kedua kalinya, namun Lorenzo tetap menguntit Rossi yang telah meng-overtake dirinya. Sebaliknya, Lorenzo mulai memasuki ke pit di lap berikutnya setelah Marc Marquez.

“Mungkin Anda bisa menang jika Anda masuk pit lebih awal dan mengganti ban basah menjadi ban kering. Namun, jika Anda mengalami crash saat kondisi basah Anda akan kalah besar dalam balapan ini. Jadi itu sebabnya, mengapa saya berada di posisi kedua dan mulai melambatkan motor saya. Jika Rossi ada di depan saya, saya hanya menunggu sedikit untuk melihat apa yang akan Rossi lakukan. Karena jika kami berdua masuk pit pada saat yang sama, dengan ban kering, setelah itu mungkin saya bisa lebih cepat dari Rossi.” papar Lorenzo.

“Namun jika saya masuk pit sebelum Rossi dan kemudian hujan mulai turun saya bisa jatuh dan terluka atau mungkin Rossi bisa menang dan saya akan kehilangan 25 poin. Untuk alasan ini, saya memutuskan untuk tetap berada di belakang Rossi. Mungkin itu kesalahan yang sudah saya buat. Itu salah satu kesalahan dari dua kesalahan hari ini. Mungkin saya harus lebih mempercayai tim saya. Karena mereka sudah mengisyaratkan kepada saya melalui pit board untuk masuk pit lebih awal. Karena mereka lebih mengetahui kondisi dengan melihat waktu putaran secara keseluruhan.” tambah Lorenzo.

Kesalahan kedua adalah setelah pit stop kedua, dengan menggunakan ban kering yang baru dalam kondisi aspal setengah basah dan setengah kering, untuk mendapatkan temperatur yang ideal sangatlah sulit, ban sangat licin sekali. Ditambah saat Redding melewati saya begitu cepat, saya sedikit kehilangan kesabaran, karena saya merasa saya akan terlalu lambat dan harus cepat atau mereka semua akan melewati saya. Tapi jelas kondisi temperatur ban belum maksimal. Sekarang sudah terlambat dan itu tidak layak untuk disesali. Iya, dua kesalahan dan saya tak menyesali itu.” Lorenzo menambahkan.

“Itu sebabnya untuk sesaat saya tidak memperhatikan, bahwa tikungan ke 15 adalah tikungan ke kiri setelah sebelumnya saya sudah melewati banyak tikungan ke kanan… Anda harus berhati-hati di tikungan ke 15 itu. Bahkan dalam kondisi kering sekalipun. Saya tidak memperhatikan faktor ini dan saya masuk terlalu cepat untuk suhu ban belakang yang belum maksimal. Itu semua adalah kesalahan, mungkin jika saya lebih sabar, posisi kedua atau ketiga MotoGP Italia akan menjadi milik saya.” tutup Lorenzo.

Share.

Leave A Reply