Berita Terkini, RANCAH POST – PM Australia Tony Abbott diseret dari jabatannya oleh Malcolm Turnbull setelah tidak lagi menjadi pemimpin Partai Liberal yang saat ini tengah berkuasa di Australia.

Kabar tersebut tersiar setelah Tony Abbott dikalahkan oleh rivalnya, Malcolm Turnbull, dalam voting di internal Partai Liberal, Senin (14/09/2015). Abbott tersingkir dengan hasil hasil voting 54-44.

Keberhasilan Malcolm Turnbull melengserkan Abbott membuat ia kini menduduki jabatan sebagai PM Australia yang baru. Menurut wartawan BBC Michael Bristow mengatakan Drama politik di Australia berlangsung sangat singkat.

Beberapa saat sebelumnya, Malcolm Turnbull mengungkapkan, ingin menjadi pemimpin partai yang baru. Tony Abbott pun menjawabnya dengan mengumumkan voting suara yang diikuti oleh para anggota partai yang duduk di parlemen.

Turnbull menuturkan, jika Abbott tetap dipertahankan sebagai ketua Partai Liberal, maka koalisi yang kini tengah berkuasa di Australia akan kalah pada pemilihan mendatang.

Turnbull katakan, “Jelas sama sekali tidak ada arahan yang jelas, terutama pada bidang ekonomi. Kita juga perlu gaya kepemimpinan baru.”

Turnbull akan menjadi PM Australia ke-4 sejak tahun 2013. Dinamika Partai Liberal ini mirip yang pernah dialami oleh PM dari Partai Buruh, Julia Gillard, yang dilengserkan oleh Kevin Rudd pada Juni 2013.

Share.

1 Komentar

Leave A Reply