RANCAH POST – Aplikasi Gratis Pengganti WinRAR dan WinZIP. Tidak dapat dipungkiri, bahwa WinRAR merupakan aplikasi arsip paling populer di dunia, baik di kalangan pengembang maupun para pengguna biasa. Cara kerjanya yang simpel serta tampilannya yang khas membuat aplikasi ini melekat kuat di hati konsumen, dan sulit dilepas.

Bahkan tidak jarang pula aplikasi ini membuat sejumlah user berfikir, bahwa hanya inilah satu-satunya aplikasi arsip. Padahal seperti yang kita ketahui selama ini, masih ada banyak aplikasi arsip yang lebih keren di luar sana, dan terlebih aplikasi itu tersedia secara gratis pula. Dan seperti yang kita ketahui bersama, bahwa aplikasi WinRAR sendiri bukanlah aplikasi gratis, karena ia masih tetap menjual lisensi untuk produknya ini.

Nah, lalu apa sajakah aplikasi gratis pengganti WinRAR tersebut? Berikut 5 diantaranya!

5 Aplikasi Gratis Pengganti WinRAR dan WinZIP

1. 7zip

Aplikasi ini mungkin sudah sering Anda dengar. Yap, 7zip yang merupakan hasil kembangan Igor Pavlov ini memang dikenal sebagai salah satu saingan terkuat dari WinRAR. Bahkan 7zip ini dikatakan memiliki tingkat kompresi paling tinggi diantara aplikasi sejenisnya, termasuk WinRAR sekalipun. Dan hebatnya, aplikasi ini gratis untuk digunakan. Gak perlu bayar seperti WinRAR.

7zip

Aplikasi ini sendiri memiliki sejumlah kekurangan. Salah satunya adalah laju pengembangan yang terkesan lamban. Sehingga ia kesulitan untuk bisa bersaing dengan aplikasi sejenisnya. Tampilannya juga terkesan terlalu kental dengan Windows XP dan bahkan aplikasi ini masih belum mendukung kompresi file RAR5 dan belum support sejumlah bahasa termasuk bahasa Indonesia.

2. Bandzip

Jika 7zip terkesan ketinggalan zaman, maka sebaliknya dengan Bandzip. Aplikasi arsip ini memiliki sejumlah keunggulan, terutama dari segi tampilan yang bisa dikatakan cukup mengikuti zaman. Bahkan lebih cantik ketimbang WinRAR. Jenis file yang didukung juga cukup banyak, bahkan nyaris menyamai WinRAR dan kelebihan terbesarnya adalah ketersediaan aplikasi ini yang 100% gratis, tanpa pungutan biaya apapun.

Bandizip

Namun sayang, masih ada saja kekurangan dari aplikasi sekeren ini. Yakni tidak adanya sejumlah fiur yang biasanya banyak digunakan pada WinRAR. Misalnya seperti dukungan drag and drop untuk memasukkan file kedalam arsip dan meng-extract file tersebut dari arsip.

3. HaoZip

Seperti namanya, HaoZip ini merupakan aplikasi kembangan developer China, yang bisa dikatakan pula sebagai versi China dari WinRAR. Karena aplikasi ini sudah mendukung lebih dari 50 file kompresi dengan tampilan yang cantik pula. Dan ia tersedia secara gratis.

Haozip

Namun sayangnya, aplikasi ini memiliki kelemahan seperti 7zip, yang mana lemah dalam hal pengembangan. Bukan cuma lamban, bahkan pengembangan dari aplikasi ini sudah dihentikan dan ia masih belum mendukung file RAR5 dalam kompresinya.

4. iZarc

iZarc ini lebih cocok dikatakan sebagai alternatif untuk 7zip dibanding WinRAR. Karena iZarc memiliki tingkat kompresi yang cukup bagus. Selain itu, aplikasi gratis ini juga disertai dengan fitur memukau berupa kemampuan untuk mengubah sejumlah file image seperti BIN dan NRG menjadi file ISO.

izarc

Dan sejauh ini, kekurangan yang dimiliki iZarc hanya pada tampilan saja, yang masih kalah cantik dari pesaingnya. Aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk portable yang bisa disimpan dan digunakan pada flashdisk.

5. PeaZip

Ada yang sangat menarik dari PeaZip ini. Dimana ia hadir dengan dukungan file kompresi yang cukup banyak, mencapai 150 jenis file. Dan aplikasi ini juga merupakan aplikasi lintas platform yang bisa digunakan baik di Windows, Linux maupun Mac OS X. Dan ditambah dengan tampilan yang bersih nan menarik, aplikasi ini benar-benar menang telak.

PieZip

Namun sayang, di kalangan aplikasi kompresi sejenis, PeaZip ini terbilang memiliki ukuran yang cukup besar dengan dukungan bahasa yang masih kurang. Termasuk bahasa Indonesia juga tidak ada.

Nah, demikianlah 5 Aplikasi Gratis Pengganti WinRAR dan WinZIP, yang mungkin bisa Anda pilih dan gunakan jika semisalnya Anda sudah bosan dengan WinRAR atau enggan membayar lisensi. Ini pilihan yang cukup bagus loh!

Share.

Leave A Reply