Jumat, 30 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Donat Lezat dan Praktis

Resep Donat Lezat dan Praktis

RANCAH POSTResep donat lezat dan praktis. Anda pastinya mengetahui makanan yang diolah dengan cara digoreng, berbentuk bulat, dan mempunyai lubang di tengahnya. Ya, donat. Hampir setiap orang menyukai penganan ini, baik orang dewasa, maupun anak-anak. Rasanya yang gurih sangat cocok untuk teman bersantai Anda.

Kali ini kami mempunyai beberapa resep donat yang praktis dan mudah dibuat. Berikut resepnya untuk Anda.

Resep Donat Chocolate Keju

Bahan-bahan Donat Chocolate Keju
500 gram tepung terigu
2 butir telur
2 sdm susu bubuk
1 sdt garam
200 cc air mineral dingin
10 gram Permifan
100 gram coklat batang
75 gram keju chedar
messes secukupnya
4 sdm mentega
50 gram gula pasir
500 ml minyak goreng

Cara Membuat Donat Chocolate Keju
Kocok telur dengan gula, permifan, dan juga 2 sendok makan mentega, kemudian masukan tepung terigu, tambahkan air sedikit demi sedikit, uleni adonan sampai kalis atau tidak menempel. Selanjutnya tambahkan garam lalu aduk rata, bentuk-bentuk bulat adonan, tutup lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, buka lalu cetak adonan dengan bentuk bulat kemudian lubangi bagian tengahnya, biarkan kembali dengan waktu kurang lebih 15 sampai 20 menit, selanjutnya panaskan minyak, goreng adonan sampai berwarna coklat keemasan. Lelehkan coklat batang diatas api kecil bersama 300 ml air, masukkan permukaan atas donat ke dalam coklat cair. Hiasi donat dengan keju chedar dan messes seauai selera lalu tata di atas piring kemudian sajikan.

Resep Donat Abon

Bahan-bahan Donat Abon
Bahan A
800 gram terigu
1 sachet fermipan
1/2 sdt garam
500 ml air

Bahan B
200 gram terigu
1/2 sdt garam
1 sdm susu bubuk full cream
2 butir telur ayam
125 gram mentega putih

Topping
Mayonaise secukupnya
Abon secukupnya

Cara Membuat Donat Abon
Aduk bahan A sampai rata kemudian diamkan di dalam wadah tertutup selama kurang lebih 90 menit. Apabila bahan A sudah didiamkan hingga mencapai waktu yang diinginkan, di wadah yang lain, campurkan bahan B sampai rata kemudian uleni dengan bahan A sampai tercampur rata dan juga kalis. Selanjutnya biarkan selama 15 menit. Bentuk adonan menjadi donat kemudian biarkan selama kurang lebih 10 menit. Goreng sampai matang dengan memakai minyak biasa ditambahkan 1 sdm mentega putih supaya donatnya tidak terlalu banyak menyerap minyak. Tiriskan sampai dingin, celup di mayonaise kemudian taburi dengan abon.

Resep Donat Kentang

Bahan-bahan Donat Kentang
500 gr tepung terigu
250 gr kentang, kukus dan haluskan
100 gr gula halus
4 butir kuning telur
1/2 sdt garam
75 gr mentega
100 ml air dingin
50 gr susu bubuk fullcream
1 bungkus ragi instant

Cara Membuat Donat Kentang
Campurkan menjadi satu tepung terigu, gula, susu bubuk, dan juga ragi instant, lalu aduk hingga rata.
Masukkan kentang halus dan aduk sampai rata. Masukkan kuning telur dan juga air dingin, uleni sampai rata atau setengah kalis. Tambahkan mentega dan juga garam, uleni adonan sampai kalis dan elastis. Diamkan selama 15 menit, bentuk adonan dengan bentuk bulat. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, sampai mengembang, lubangi tengahnya lalu goreng di dalam minyak panas dengan api sedang sampai berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Taburi gula donat, atau hiasi dengan coklat meses.

Itulah beberapa resep donat yang tentunya akan sangat cocok menemani waktu bersantai Anda ditemani dengan secangkir teh hangat. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,260PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan