RANCAH POST Masak apa hari ini? Ini dia resep makanan dan minuman untuk berbuka puasa Anda. Anda bingung mau memasak apa untuk berbuka Anda? Tak usah bingung, kali ini kami akan membagikan Resep istimewa untuk berbuka puasa yaitu Resep Pepes Belut dan resep es campur tape ketan hitam. Hmm lezat kan pastinya?

Pepes Belut ini memiliki rasa yang sangat gurih dan juga nikmat. Selain daripada itu masakan ini pun sangat menyehatkan karena diolah dengan cara alami dan tradisional tanpa menggunakan minyak goreng dan diolah dengan menggunakan bumbu rempah-rempah pilihan. Daripada penasaran, berikut ini resepnya untuk Anda.

Resep Pepes Belut

Bahan-bahan pepes belut
10 ekor belut, potong-potong
2 cm lengkuas, iris
25 gram pete cina
3 lembar daun salam, potong-potong
125 gram kelapa parut kasar
Daun pisang untuk membungkus
Lidi secukupnya
1 buah cabai merah besar
1 sdt ketumbar
2 siung bawang putih
3 cm kencur
4 siung bawang merah
½ sdt gula pasir
1 ¼ sdt garam

Cara Membuat pepes belut
Pertama, remas-remas belut menggunakan 1 sendok teh garam dan juga ½ sendok teh air jeruk nipis, kemudian cuci sampai bersih. Campurkan seluruh bahan sampai tercampur rata. Ambilah 1 lembar daun pisang, kemudian isikan adonan pepes, bungkus lalu semat dengan menggunakan lidi. Kukus pepes selama kurang lebih 45 menit diatas api sedang, setelah itu panggang hingga daunnya layu agar rasanya lebih enak dan juga sedap. Angkat kemudian sajikan ketika hangat.

Berbuka memang identik dengan makanan yang manis, terutama minuman yang manis dan segar, untuk menemani sajian pepes belut diatas, berikut resep es campur tape ketan hitam yang pastinya segar dan nikmat.

Resep Es Campur tape Ketan Hitam

Bahan-bahan Es Campur tape Ketan Hitam
300 cc tape ketan hitam
1 liter santan
1 sdt garam
2 lembar daun pandan

Pelengkap
2 butir kelapa muda, kerok
5 mata nangka, iris dadu
300 cc sirup vanila, warna putih
Es serut secukupnya

Cara membuat Es Campur tape Ketan Hitam
Pertama, didihkan santan bersama daun pandan dan juga garam, aduk sampai rata, angkat kemudian dinginkan. Cara menyajikannya, siapkan gelas, tata kelapa muda, nangka, sagu mutiara siap pakai, dan juga tape ketan hitam. Tuangkan santan tadi lalu tuangkan sirup vanila kedalamnya.

Itulah resep makanan pepes belut dan juga es campur tape ketan hitam yang tentunya cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa yang istimewa. Selamat mencoba!

Share.

1 Komentar

Leave A Reply