RANCAH POST Waspada! kenali gejala penyakit meningitis pada anak. Meningitis adalah salah satu penyakit yang bisa digolongkan mematikan dan sampai sekarang masih menjadi suatu hal yang misterius. Meningitis menyerang pada bagian membran pelindung yang mengelilingi otak dan juga saraf tulang belakang. Infeksi itu bisa mengakibatkan membran pelindung yang bernama meninges mengalami peradangan yang bisa merusak saraf dan juga otak. Sama halnya seperti beberapa penyakit yang lain, meningitis pun dapat diderita oleh siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, sampai orang dewasa.

Supaya Anda lebih waspada, berikut ini gejala meningitis yang terjadi pada bayi dan juga anak-anak yang berusia di bawah lima tahun.

Gejala yang biasanya muncul pada bayi dan juga anak-anak dibawah usia 5 tahun diantaranya. Rewel dan tidak ingin digendong, kulit pucat dan ada bercak pudar dan juga ruam kemerahan yang tak hilang ketika disentuh dengan kaca, demam yang sangat tinggi, leher serasa kaku dan juga sensitif pada sinar terang, timbul benjolan kecil di atas kepala yang lunak ataupun padat, tangisan bersuara tinggi dan juga mengerang, gampang mengantuk serta responsif, mengalami kejang-kejang, mengerang dan juga bernafas dengan cepat.

Beberapa gejala itu biasanya akan timbul secara bergantian, atau bahkan tidak timbul sama sekali. Namun, untuk pemilik kulit gelap ruam yang timbul biasanya tak akan nampak. Tetapi, pada anak-anak janganlah menunggu sampai munculnya ruam untuk memberikan pengobatan. Bila perlu segeralah berikan pengobatan yang anak perlukan guna menghindari kondisi yang lebih buruk lagi sampai sulit untuk disembuhkan atau bahkan cenderung mematikan.

Beberapa gejala dan ciri yang timbul pada anak-anak yang lebih besar dan juga orang dewasa diantaranya,
timbulnya rasa sakit yang intens pada otot-otot, demam yang disertai tangan dan kaki terasa dingin, kulit pucat dan memiliki bercak dengan ruam yang terlihat jelas, muntah, rasa ngantuk yang berlebihan dsertai keluhan sulit bangun, sakit kepala yang sangat parah, mengalami kejang, rasa sensitif pada cahaya, dan juga leher yang serasa kaku.

Itulah gejala-gejala yang sering timbul pada penderita meningitis atau radang selaput otak terutama pada anak-anak. Apabila gejala ini muncul, segeralah bawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang benar.

Share.

Leave A Reply