RANCAH POSTResep urap sayur kelapa, sajian unik untuk buka puasa. Sudahkah Anda merencanakan akan memasak apa untuk berbuka puasa? Jika belum, nampaknya menu yang satu ini dapat Anda coba sebagai salah satu sajian berbuka puasa keluarga Anda.

Anda pasti mengenal urap. Ya, makanan yang satu ini memang merupakan makanan khas nusantara yang merupakan olahan sayuran yang dicampurkan dengan kelapa parut. Tentunya makanan ini sangat khas dan nikmat untuk berbuka puasa.

Supaya Anda tidak penasaran, ini dia resep urap sayur kelapa yang unik dan cara membuatnya pun mudah.

Resep urap sayur kelapa

Bahan dan bumbu urap
200 gram kacang panjang
200 gram bunga kol
Satu ikat kangkung
150 gram tauge
100 gram wortel potong korek api
200 gram kelapa parut
2 lembar daun jeruk
Kaldu bubuk sesuai selera
Garam secukupnya

 

Bumbu yang dihaluskan
3 siung bawang putih
7 buah cabe rawit
3 cm rempah kencur
1 sdm gula

Cara membuat urap sayur kelapa
Pertama, rebus sayuran yang telah disiapkan dimulai dari sayuran yang paling susah matang sampai ke sayuran yang paling mudah layu dan juga matang. Sembari menunggu sayuran matang, raciklah bumbunya. Masukkanlah bumbu yang dihaluskan bersama garam, daun jeruk, kaldu dan juga kelapa yang sudah diparut terlebih dahulu ke dalam sebuah wadah, aduk-aduk sampai merata. Apabila bumbu telah tercampur merata, kukus bumbu yang dibungkus daun pisang selama kurang lebih 15 menit. Angkat sayuran setelah itu tiriskan, kemudian biarkan hingga dingin. Angkat bumbu kemudian campurkan sayuran bersama bumbu sampai tercampur rata.

Itulah resep urap sayuran yang unik, mudah, dan juga praktis, namun tetap istimewa. Sajian ini dapat menjadi salah satu pilihan Anda dalam menyajikan hidangan sehat berbuka puasa untuk seluruh keluarga Anda. Selamat berpuasa!

Share.

Leave A Reply