RANCAH POST – Bulan Ramadhan adalah bulan dimana umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Jika Anda tak berhati-hati dalam memilih makanan yang Anda konsumsi ataupun kurang menjaga kebugaran tubuh, Anda bisa saja mengalami gangguan kesehatan.

Untuk itu, jagalah kebugaran tubuh Anda dengan melakukan beberapa hal berikut selama bulan Ramadhan.

Makan secukupnya
Kebutuhan tubuh jadi berkurang selama berpuasa. Metabolisme tubuh jadi lambat sehingga Anda tak perlu banyak makanan. Namun, ini bukan waktu yang tepat untuk Anda mengurangi porsi makanan ataupun berdiet secara ekstrim. Meski sedang puasa, Anda harus tetap makan dengan porsi yang cukup seperti biasanya. Tapi, Anda juga tak boleh terlalu sedikit atau banyak makan. Makanlah secukupnya dan pastikan makanan Anda tetap seimbang dan tentunya bernutrisi.

Agar kenyang lebih lama
Saat berpuasa Anda harus menahan rasa lapar dan dahaga. Untuk itu, perhatikan makanan yang Anda konsumsi selama bulan Ramadhan. Pilihlah makanan yang kaya akan protein serta lemak yang cukup untuk tubuh. Selain itu, sangat penting untuk meminum air sebanyak mungkin saat sahur dan berbuka puasa. Kurangi makanan dengan karbohidrat yang tinggi karena karbohidrat lebih cepat diolah oleh tubuh sehingga membuat Anda jadi cepat merasa lapar. Anda dapat memilih makanan yang cukup gizi seperti susu, keju, kacang, minyak zaitun atau daging yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat.

Penuhi cairan tubuh
Tubuh memerlukan cairan untuk menjaga kesehatan apalagi saat bulan puasa tentunya butuh banyak cairan agar Anda tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa membuat Anda cepat lelah, sakit kepala, konstipasi, bahkan pingsan. Minumlah air sebanyak mungkin saat sahur dan berbuka puasa. Mengkonsumsi air putih jauh lebih baik untuk kesehatan. Sebaiknya kurangi minuman yang mengandung garam maupun kafein. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang kandungan airnya tinggi seperti sayuran (sup) dan buah-buahan.

Batasi aktivitas fisik
Jangan paksakan diri Anda untuk berolahraga jika memang tak kuat saat berpuasa, karena kandungan mineral, cairan, dan energi yang ada dalam tubuh rendah. Sebaiknya Anda batasi kegiatan olahraga Anda yang terlalu menguras energi karena hanya membuat tubuh Anda semakin kehilangan cairan dan garam bahkan Anda bisa saja sakit kepala lalu jatuh pingsan. Jika memang ingin tetap berolahraga meski sedang berpuasa, pilihlah olahraga yang ringan ataupun berolahraga di malam hari setelah berbuka puasa.

Masalah kesehatan
Periksakan diri Anda ke dokter jika Anda memiliki gangguan kesehatan seperti kanker, diabetes, jantung, atau sedang hamil dan menyusui saat bulan puasa tiba. Dengarkan dan lakukan apa saja yang disarankan oleh dokter selama menjalankan ibadah puasa. Saat berpuasa, tubuh butuh nutrisi yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral.

Share.

Leave A Reply