RANCAH POSTCara menghilangkan cegukan tanpa membatalkan puasa. Semua orang tentu pernah mengalami cegukan. Untuk mengobatinya, biasanya kita meminum segelas air putih. Tetapi bagaimana jika kita mengalami cegukan pada saat berpuasa?

Tidak mungkin dong jika kita harus membatalkan puasa hanya demi menghilangkan cegukan. Jika Anda mengalami cegukan pada saat berpuasa, Anda dapat menghilangkannya dengan beberapa cara berikut ini.

Tahan napas
Cegukan dapat diatasi dengan cara menahan napas. Tahan napas Anda untuk beberapa saat. Tubuh Anda akan bekerja dengan membawa udara yang akan menekan saraf-saraf di kepala Anda sehingga dapat meredakan cegukan. Ulangi hal yang sama dua sampai tiga kali. Apabila percobaan tahan napas yang pertama kali belum berhasil.

Menggunakan kantung kertas
Ambilah kantung kertas, kemudian lakukan proses menarik napas dan keluar napas dengan cara meniup kantung kertas itu. Cara seperti ini dapat meningkatkan kadar karbondioksida di dalam aliran darah sehingga tubuh kita dapat meredakan cegukan yang Anda rasakan secara otomatis.

Tutup lubang telinga dengan menggunakan telunjuk
Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu tutup kedua lubang telinga Anda menggunakan jari telunjuk. Tetapi jangan menekannya terlalu keras. Setelah itu tahan beberapa saat hingga cegukan hilang. Hal ini dilakukan karena beberapa ujung saraf vagus berada di sistem pendengaran . Tekanan oleh ujung jari telunjuk Anda dapat membantu meredakan cegukan yang dialami.

Minta digelitiki
Cara yang terakhir yaitu mintalah teman atau siapa saja untuk menggelitiki Anda. Hal ini bertujuan supaya saraf di tubuh Anda bisa teralihkan perhatiannya yang akan mengakibatkan cegukan hilang dengan sendirinya.

Jadi, Anda tidak perlu membatalkan puasa Anda hanya untuk menghilangkan cegukan yang Anda alami. Cara ini dapat Anda coba ketika cegukan datang disaat Anda berpuasa. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply