RANCAH POSTResep opor ayam hidangan khas Idul Fitri. Lebaran sudah semakin dekat Ladies! Hidangan apa yang sangat khas disajikan di hari raya? Yaps, opor ayam. Makanan ini memang sudah menjadi suatu hidangan yang wajib ada pada saat Lebaran. Biasanya opor ayam disajikan dengan ketupat.

Jika Anda masih belum tahu cara memasak opor ayam, Anda tidak usah khawatir. Kami mempunyai kabar baik untuk Anda. Kali ini kami akan membagikan Resep opor ayam khas lebaran. Berikut resepnya untuk Anda.

Resep opor ayam khas lebaran

Bahan-bahan opor ayam
1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian
1 btg serai, memarkan
3 lbr daun jeruk purut
1 lbr daun salam
750 ml santan cair
250 ml santan kental
garam dan gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan
4 siung bawang putih
7 buah bawang merah
4 buah kemiri yang sudah disangrai
½ sdt jinten bubuk
½ sdt merica bubuk
½ sdm jahe cincang
1 sdm lengkuas cincang

Cara membuat opor ayam khas Idul Fitri
Lumuri ayam yang sudah dicuci terlebih dahulu dengan 1 sdm air asam dan juga 1 sdt garam. Biarkan 15 menit supaya meresap,lalu tiriskan. Tuangkan 3-5 sendok makan minyak k dalam wajan, kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan, serai, daun jeruk purut dan daun salam sampai berbau harum. Lalu masukkan ayam, aduk sampai terasa kaku, tuangkan santan cair kedalam ayam, Kemudian didihkan. Sesudah ayam setengah matang, masukkan santan kental. Kecilkan apinya,  kemudian aduk sampai matang sempurna. Sajikan opor ayam dengan taburan bawang goreng.

Itulah resep opor ayam khas lebaran. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan jadikan hari Lebaran Anda bersama keluarga menjadi lebih istimewa.

Share.

Leave A Reply