RANCAH POSTCara menjaga kesehatan tubuh saat puasa. Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Hal ini bertujuan agar tubuh selalu dalam keadaan sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Menjaga kesehatan tubuh hendaklah dilakukan setiap saat, termasuk saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Saat puasa kita diwajibkan untuk tidak makan maupun minum selama lebih dari 14 jam, dan pada saat-saat itu perut kita akan kosong. Puasa melatih kita menahan lapar dan haus, selain itu juga melatih kita untuk menahan nafsu amarah. Bulan puasa ini merupakan bulan yang penuh rahmat, oleh karena itu banyak orang ingin dapat menjalankan bulan puasa dengan khusyuk.

Dan pada saat puasa sangatlah penting untuk menjaga kesehatan. Agar nantinya dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik. Selain itu dengan kesehatan tubuh yang baik Anda dapat melakukan aktivitas sehari hari seperti biasanya.

Membuat jadwal makan dengan baik
Cara menjaga kesehatan tubuh saat puasa yang harus Anda lakukan pertama kalo adalah dengan membuat jadwal makan. Dengan membuat jadwal menu makanan, maka Anda tidak perlu lagi bingung menentukan atau memilih menu saat sahur, berbuka maupun makan malam. Buatlah daftar makanan yang sehat dan seimbang agar asupan nutrisi tubuh Anda dapat tercukupi dengan baik. Dan yang paling penting adalah saat sahur atau buka jangan mengonsumsi makanan junk food. Ini dikarenakan di makanan junk food terdapat banyak kandungan atau zat-zat kimia yang tidak baik untuk tubuh.

Kurangi kopi, teh dan soda
Dengan mengurangi minuman kopi, teh dan bersoda selama berpuasa, maka tubuh akan jauh lebih sehat sehingga akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Lebih baiknya pada saat berpuasa Anda banyak mengonsumsi air putih. Air putih ini akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda dan juga akan mengeluarkan racun dan lemak yang berada di dalam tubuh Anda. Sehingga Anda akan merasa tubuh ringan dan juga segar. Dalam sehari di sarankan Anda mengonsumsi air putih sebanyak 10 gelas per hari. Jumlah minuman tersebut Anda bagi saat sahur, buka, dan makan malam. Dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak air juga dapat menjaga cairan tubuh Anda.

Mengkonsumsi makanan sehat
Cara menjaga kesehatan tubuh saat puasa juga dapat dilakukan membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan sehat. Ketika berbuka lebih baik mengonsumsi makanan seimbang agar nutrisi yang hilang dalam sehari dapat kembali lagi. Dan juga banyak mengkonsumsi sayuran dan buah, karena sayuran dan buah memiliki banyak kandungan vitamin yang sangat baik untuk mengembalikan kesegaran dan cairan yang ada di dalam tubuh Anda yang telah berkurang selama seharian.

Usahakan untuk tidak telat pada saat sahur.
Ini bertujuan agar nantinya Anda dapat makan dengan perlahan, karena jika Anda makan dengan tergesa-gesa akan membuat lambung Anda menjadi tidak nyaman. Begitu juga saat berbuka, untuk pertama kali jangan mengonsumsi makanan yang berat, lebih baik ngemil terlebih dahulu.

Konsultasikan kesehatan ke dokter
Untuk cara menjaga kesehatan tubuh saat puasa yang lebih maksimal lagi, Anda dapat konsultasikan kesehatan tubuh Anda ke dokter. Dengan begitu Anda akan tahu kondisi tubuh Anda, dan mengetahui nutrisi apa yang harus Anda makan agar tubuh tetap terjaga. Ini dikarenakan setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda beda.

Istirahat yang cukup
Cara menjaga kesehatan tubuh saat puasa yang terpenting adalah istirahat dengan cukup. Dengan istirahat yang cukup akan membuat kondisi tubuh Anda kembali segar dan sehat. Yakni Anda dapat tidur siang dan tidur malam yang berkualitas.

Semoga cara menjaga kesehatan tubuh saat puasa di atas bisa menginspirasi hidup sehat Anda.

Share.

Leave A Reply