Selasa, Desember 1, 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Keripik Biji Buah Durian Renyah dan Gurih

Resep Keripik Biji Buah Durian Renyah dan Gurih

RANCAH POST – Buah durian adalah buah salah satu buah yang digemari oleh semua orang. Rasanya yang manis menjadikan buah ini dijuluki sebagai rajanya buah. Saat ini, menikmati buah durian tidak hanya dengan memakan buahnya langsung, tetapi dapat pula dibuat dengan berbagai macam kreasi misalnya dodol durian, kue durian dan sebagainya.

Hal yang paling menyebalkan adalah ketika kita memakan buah durian yang bijinya besar sedangkan dagingnya kecil. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena biji durian pun saat ini dapat diolah menjadi suatu makanan yang tidak kalah lezatnya. Biji durian bisa diolah menjadi keripik.

Bagaimana caranya? Inilah resep keripik biji durian yang gurih dan renyah untuk Anda pecinta durian.

Resep Keripik Biji Buah Durian

Bahan-bahan keripik biji durian
1 kg biji durian, masih segar, cuci hingga bersih dan kesat
1500 ml air
25 ml air kunyit
160 gram kapur sirih

Bahan yang dihaluskan
20 gram bawang putih
5 gram kemiri
15 gram garam
250 ml minyak goreng

Cara membuat keripik biji durian
Iris tipis-tipis biji durian dengan menggunakan alat perajang dengan ketebalan 1-2 mm sambil ditampung dalam baskom yang berisi air.
Kemudian cuci hingga bersih. Masukkan biji durian ke dalam baskom rendaman kapur sirih yang telah diberikan air kunyit, diamkan selama kurang lebih tigapuluh menit. Cuci lagi dan tiriskan.
Campurkan bumbu halus dengan sedikit air, rendam irisan biji durian selama 5-10 menit agar bumbu meresap sempurna.
Kemudian tiriskan dan goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat lalu ditiriskan.
Soal rasa keripik biji durian ini, Anda bisa memilih memberikan rasa apa saja untuk keripik Anda.
Setelah Anda bumbui, simpan keripik ke dalan wadah kedap udara atau dikemas dalam plastik yang tertutup rapat. Jangan lupa simpan di tempat yang kering.

Itulah resep keripik biji durian yang gurih dan renyah. Sekarang, tidak hanya dagingnya saja yang dapat disantap tetapi bijinya pun dapat diolah menjadi makanan yang enak sehingga tidak terbuang sia-sia. Semoga dapat menjadi inspirasi dalam membuat cemilan lezat untuk keluarga tercinta. Selamat berkreasi & selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here