RANCAH POST – Buah kurma adalah buah yang sangat populer terutama pada saat bulan puasa. Hampir semua orang menyukai buah ini. Kurma adalah salah satu makanan manis dan multiguna yang meregulasi proses pencernaan. Kurma memiliki kandungan gula yang tinggi, namun lambat dicerna oleh tubuh. Kurma juga sangat baik untuk menaikan berat badan dan dapat meningkatkan energi bagi yang mengkonsumsinya.

Kandungan nutrisi dari buah kurma pun sangat banyak dan bermacam-macam. Kurma mengandung beragam vitamin dan mineral juga merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik. Mineral yang terkandung dalam buah kurma antara lain kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc. Adapun vitamin yang terkandung dalam buah kurma antara lain thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan Vitamin K.

Selain mengandung banyak sekali zat-zat yang diperlukan oleh tubuh, berdasarkan penelitian kurma juga dapat membantu proses pencegahan kanker abdomen. Kanker abdomen merupakan massa yang padat dengan ketebalan yang berbeda-beda, dimana hal ini disebabkan oleh sel tubuh yang mengalami transformasi dan tumbuh secara autonom lepas dari kendali pertumbuhan sel  normal, maka sel-sel tersebut berbeda dari sel normal dalam bentuk dan strukturnya.

Meskipun bentuknya yang kecil, buah manis ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari buah kurma.

Konstipasi
Kurma seringkali dikategorikan sebagai makanan pencuci perut. Hal inilah mengapa kurma sering dikonsumsi oleh orang yang menderita konstipasi. Kurma memiliki tingkat serat yang tinggi, yang  bermanfaat bagi kesehatan perut dan memperlancar buang air besar yang dapat menyembuhkan gejala konstipasi.

Kesehatan dan kekuatan tulang
Manfaat lain dari buah kurma yaitu dapat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. karena kurma mengandung mineral yang sangat tinggi. Seperti kita tahu bahwa seiring bertambahnya usia kekuatan tulang pun akan semakin melemah. dengan mengkonsumsi buah kurma, maka kita akan memperkecil resiko terkena osteoporosis.

Gangguan usus
Kurma juga mengandung nikotin yang dianggap bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Dengan mengkonsumsi buah kurma secara rutin dapat membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri yang bermanfaat bagi tubuh pada usus.

Anemia
Anda sering merasa pusing, mata berkunang-kunang dan tubuh terasa lemas? Jika anda merasakan hal-hal seperti itu, kemungkinan anda nterkena penyakit anemia. Anemia adalah keadaan dimana kadar hemoglobin dalam darah berkurang. Buah kurma mengandung zat besi yang berfungsi meningkatkan energi dan tenaga yang akan mengurangi rasa lelah dan lesu.

Alergi
Salah satu aspek paling menarik dari buah kurma adalah sulfur organik yang dikandungnya. Buah kurma merupakan cara yang sangat baik untuk mengurangi efek yang muncul akibat alergi musiman dikarenakan kontribusi sulfur yang berasal dari kurma.

Itulah beberapa manfaat dari buah kurma bagi kesehatan tubuh manusia, semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply