Kamis, April 2, 2020

Tips Tetap Sehat Saat Puasa Ramadhan Meski Diabetes

RANCAH POST – Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat muslim. Ibadah puasa ini dilakukan selama sebulan penuh. Oleh karena itu tidak semua orang dapat melakukan ibadah ini dengan sempurna, terutama orang-orang dengan kondisi kesehatan yang tidak baik tentu tidak mudah untuk melakukan ibadah ini secara sempurna.

Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai saat berpuasa adalah diabetes. Namun tidak semua orang bisa menjalankan puasa selama sebulan penuh, misalnya saja mereka yang dalam kondisi kesehatan tertentu. Dalam hal ini, kondisi kesehatan yang perlu diwaspadai saat melakukan puasa adalah diabetes.

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin. Pasien penderita diabetes mellitus tidak dapat memproduksi atau tidak dapat merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas, maka kadar gula darah akan meningkat dan dapat menyebabkan komplikasi jangka pendek maupun jangka panjang pada pasien tersebut.

Penderita diabetes tetap bisa puasa tanpa mengganggu kesehatan. Namun hentikan segera puasa jika kadar gula darah mencapai 300 mg/dl atau lebih rendah dari 70 mg/dl. Penderita diabetes tidak perlu memaksakan diri jika dirasa tidak mampu melaksanakan ibadah puasa secara sempurna.

Jika tidak ingin ibadah puasa Anda terganggu karena menderita diabetes, berikut tips agar tetap sehat saat puasa Ramadhan meski diabetes.

Cek kesehatan ke dokter terlebih dahulu sebelum puasa
Mencegah lebih baik daripada mengobati. cek kesehatan anda terlebih dahulu, apakah kadar gula darah anda memungkinkan untuk anda berpuasa, apabila tidak memungkinkan, anda tidak perlu memaksakan diri.

Ketahui cara cepat penanganan terhadap kadar gula darah rendah maupun tinggi
Apabila kadar gula darah Anda ternyata tidak memungkinkan untuk berpuasa tetapi Anda tetap ingin berpuasa, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara penanganan yang tepat menghadapi kondisi kadar gula darah rendah maupun tinggi.

Selama puasa, tes kadar glukosa atau gula darah Anda lebih sering
Mengetes kadar gula darah hendaknya dilakukan lebih sering ketika berpuasa untuk mengetahui apakah kadar gula darah kita turun, stabil, atau bahkan naik.

Konsumsi menu makanan sehat yang dianjurkan dokter
Nutrisi adalah sesuatu yang sangat penting bagi tubuh manusia. Selama menjalankan puasa, banyak-banyak mengkonsumsi makanan sehat yang dianjurkan oleh dokter.

Setiap manusia pasti menginginkan untuk beribadah puasa secara maksimal agar dalam ibadah puasa kita tidak hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja tetapi mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Jangan ragu untuk membatalkan puasa jika kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk melanjutkan berpuasa, selalu berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi kesehatan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,921FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,269PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan