RANCAH POST – Arang aktif (activated carbon) berdasarkan pola strukturnya adalah suatu bahan yang berupa karbon amorf yang sebagian besar terdiri dari karbon bebas dan memiliki permukaan dalam sehingga memiliki daya serap yang tinggi. Arang aktif merupakan salah satu produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Arang aktif biasa digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Banyak salon-salon kecantikan yang menawarkan perawatan wajah seperti facial dan masker wajah. Arang aktif digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan karena terbuat dari kayu atau sabut kelapa yang dibakar dengan panas yang tinggi yang akan menghasilkan pori-pori kecil yang muncul di permukaan dan berfungsi menyerap kotoran.

Selain digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan, arang aktif ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini 6 manfaat arang aktif (activated carbon) bagi kesehatan tubuh.

Detoksifikasi
Arang aktif berfungsi sebagai detoksifikasi atau dapat menghilangkan racun atau toksin yang berasal dari makanan dan polusi lingkungan yang tidak diperlukan di dalam tubuh. Racun-racun tersebut dapat mengakibatkan kerusakan sel tubuh, dapat mengakibatkan reaksi alergi, kekebalan tubuh yang tidak seimbang, dan mempercepat penuaan. Arang aktif juga berfungsi untuk memindahkan bakteri-bakteri yang tidak diinginkan sehingga tidak menyebar dan berkembang biak.

Meringankan masalah pencernaan
Selain sebagai penghilang racun atau toksin, arang aktif juga berfungsi meringankan masalah pencernaan. Contohnya setelah mencerna makanan seperti kacang-kacangan, proses dekomposi bakteri pada tubuh menghasilkan efek samping seperti perut kembung atau diare. Maka arang aktif akan masuk ke dalam sistem pencernaan dan mengikatnya serta meringankan masalah pencernaan.

Penawar racun
Arang aktif juga berguna sebagai obat penawar racun di dalam tubuh, karena mengandung karbon aktif yang memiliki oksigen sehingga racun akan terserap secara efektif.

Menghilangkan bau tidak sedap
Arang aktif juga bisa digunakan untuk membantu mengobati gigitan serangga, keracunan jamur, penyakit kolera, dan pembengkakan. Selain itu dapat pula digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap, karena napas dan aroma tubuh yang tidak sedap adalah hasil dari pembuangan racun dari dalam tubuh.

Anti-aging
Arang atau karbon aktif dapat menghambat proses penuaan,mencegah perubahan sel-sel yang berkaitan dengan kelenjar adrenalin, dan fungsi ginjal.

Kesehatan jantung
Arang aktif dapat membantu menurunkan lemak dan kolestrol di dalam darah, jantung, hati, dan otak. Sebuah penelitian menunjukan bahwa seorang pasien yang memiliki kadar kolesterol tinggi, lalu ia mengkonsumsi arang aktif tiga kali sehari, menunjukan bahwa kadar kolesterol di dalanm tubuhnya berkurang hingga 25%.

Itulah uraian dan sedikit penjelasan mengenai 6 manfaat arang aktif (activated carbon) bagi kesehatan tubuh. Mulailah terapkan hidup sehat, dan semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply