RANCAH POSTResep es buah segar sangat banyak macam dan variasinya. Es buah dapat dibuat dari berbagai macam buah-buahan. Es buah segar memang cocok untuk disajikan sebagai menu untuk berbuka puasa. Sudah menjadi adat kebiasaan orang Indonesia berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis.

Ada pula salah satu jargon yang menyatakan bahwa berbuka haruslah dengan minuman yang manis, akan tetapi manis saja tidaklah cukup untuk menghilangkan rasa dahaga setelah seharian berpuasa. Perlu minuman yang segar untuk menghilangkan rasa lemas dan rasa haus karena berpuasa.

Agar tidak bingung memilih es buah seperti apa yang akan dibuat, di bawah ini kami menyajikan tiga buah resep es buah segar yang dapat dicoba di rumah.

Smoothie mangga dan nanas

Bahan-bahan smoothie mangga dan nanas
1 buah mangga ukuran sedang, potong-potong
240 g nanas, potong-potong
1/2 buah pisang, potong-potong
240 g wortel, cincang
180 g Yogurt rasa nanas (bisa gunakan rasa plain)
120 cc minuman rasa buah jeruk
es batu secukupnya

Cara membuat smoothie mangga dan nanas
Masukkan mangga, nanas, pisang, yoghurt, wortel, minuman rasa buah jeruk, dan es batu ke dalam blender. Blender hingga halus. Lalu tambahkan minuman rasa buah jeruk jika dirasa terlalu kental.

Punch Mangga Jeruk

Bahan-bahan punch mangga jeruk
300 g mangga, diblender halus
250 ml air jeruk manis
1 sdt air jeruk nipis
1 kaleng air soda tawar
es batu secukupnya

Bahan Sirup
150 ml air
150 gram gula pasir

Cara membuat punch mangga jeruk
Campur bahan sirup, masak tanpa diaduk sampai gula larut.  Lalu dinginkan. Campur mangga yang sudah dihaluskan, air jeruk manis, dan sirup. Aduk rata. Lalu tuangkan soda dan tambahkan es batu.

Es Cocktail buah

Bahan-bahan es cocktail buah
Pepaya 200 gram
Melon 200 gram
Semangka 200 gram
Air kapur sirih 1 sdm, dicampur dengan 2 gelas air
Minuman bersoda manis tanpa warna 550 mililiter
Es batu secukupnya
Air masak 1,5 liter
Gula pasir 200 gram
Kayu manis 4 centimeter
Cengkeh 2 buah
Garam halus 1/2 sendok teh
Air jeruk nipis 5 sendok makan

Cara membuat es cocktail buah

Pertama, campur rata semua bahan sirup lalu rebus sampai mendidih. Angkat, saring, kemudian dinginkan. Lalu potong-potong buah dengan bentuk dadu, dicetak bulat atau sesuai selera. Rendam buah dalam larutan kapur sirih. kemudian angkat, cuci bersih, dan dinginkan. Tuangkan sirup gula kedalam buah-buahan, lalu aduk hingga rata. Terakhir hidangkan dengan ditambah minuman bersoda dan es batu secukupnya. Es cocktail buah siap dihidangkan.

Demikian resep es buah segar untuk berbuka puasa kali ini, semoga resep-resep di atas dapat menjadi inspirasi dalam membuat hidangan segar untuk berbuka puasa. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply