RANCAH POSTResep ayam goreng presto tulang lunak special, dari dulu hingga sekarang daging ayam memang masih sangat eksis dan hampir semua rumah makan menjual menu daging ayam baik goreng maupun bakar. Selain harganya yang cukup murah dan terjangkau, olahan ayam juga memiliki rasa yang nikmat dan lezat karena teksturnya yang empuk dan lunak ketika dimakan. Ayam dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan baik digoreng, dibakar, dipanggang, dibuat sup, pepes dan lain-lain.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara membuat ayam goreng presto tulang lunak. Seperti yang kita ketahui bahwa biasanya kita mengkonsumsi ayam goreng biasa yang tulangnya keras sehingga tidak bisa dihabiskan hingga tulang-tulangnya. Untuk menyiasati hal tersebut kami akan berikan tips agar tulang ayam goreng presto ini lebih lunak dan dapat dikonsumsi. Untuk membuatnya tentu kita membutuhkan bumbu rempah pilihan agar rasanya lebih spesial.

Ayam goreng presto sangat cocok dinikmati bersama nasi putih lengkap dengan lalapan seperti kol, mentimun atau daun kemangi. Ketiga lalapan ini memang sangat menyatu dengan ayam goreng maupun bakar. Nah, langsung saja sebelum Anda membuat ayam goreng presto tulang lunak hal yang wajib Anda lakukan adalah mempersiapkan bahan yang akan digunakan. Anda dapat membelinya dipasar tradisional maupun supermarket terdekat.

Resep Ayam Goreng Presto Tulang Lunak Special

Bahan-bahan yang digunakan
Ayam kampung 1 ekor
Kecam manis 3 sdm
Saus tiram 2 sdm
Air asam jawa kental 1 sdm
Gula merah 50 gr
Daun salam 5 lmbr
Air kelapa 2 ½ liter
Lengkuas 4 cm
Minyak secukupnya

Bahan-bahan bumbu halus
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 6 butir
Jahe 1 ruas jari
Kunyit 3 ruas jari
Ketumbar 1 sdt
Garam 2 sdm
Daun jeruk purut 3 lmbr
Merica 1 sdt

Cara membuat ayam goreng presto
Potong ayam menjadi dua bagian atau sesuai selera kemudian lumuri dengan bumbu halus hingga merata.
Jika sudah, letakkan ayam tersebut ke dalam panci presto sambil dituangkan sedikit demi sedikit air kelapa yang telah Anda siapkan bersama kecap manis, gula, saus tiram, air asam, lengkuas dan daun salam.
Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur dengan baik. Untuk memasaknya Anda harus menggunakan api yang sedang dalam waktu kurang lebih selama 30 menit.
Setelah 30 menit, dinginkan panci lalu masukkan kembali setengah bagian dari air kelapa yang tersisa sambil diaduk dan diamkan selama 20 menit.
Jika sudah, buka tutup panci kemudian tiriskan ayam. Langkah terakhir goreng ayam menggunakan minyak yang panas hingga daging ayam berubah warna kuning kecoklatan dan kering.
Angkat dan ayam goreng presto tulang lunak siap dihidangkan.

Silahkan Anda coba mencicipinya, pasti tekstur dari tulang ayam goreng presto akan terasa renyah dan enak dimakan. Selamat mencoba!

Share.

Leave A Reply