RANCAH POSTNugget jamur tiram memang tidak sepopuler nugget-nugget lainnya yang berbahan dasar daging. Meski begitu rasa nugget ini tidak kalah enaknnya bahkan bisa dijadikan makanan alternatif bagi orang-orang yang sudah bosan dengan daging-dagingan. Selain itu nugget ini juga lebih ekonomis, karena jamur tiram sendiri biasanya dijual cukup murah di pasaran, hitung-hitung sedikit berhemat tetapi tetap nikmat.

Pada dasarnya nugget jamur tiram sangat mudah dibuat tanpa memerlukan peralatan-peralatan khusus, namun lebih baik bila Anda memiliki blender di rumah sebelum mencoba untuk membuatnya karena blender akan membantu Anda menghaluskan seluruh bahan tanpa harus bersusah payah menumbuknya. Jamur tiram juga bisa dibuat sate atau bahkan membuat jamur tiram crispy yang kriuk-kriuk.

Namun kali ini Anda cukup simak resep nugget jamur tiram beserta cara pembuatannya, mudah dan cepat, serta sangat cocok bagi chef pemula di rumah.

Bahan dan langkah pembuatan nugget jamur tiram

Bahan
300 gram jamu tiram segar
4 butir telur
5 sendok makan tepung terigu yang sudah diayak sampai halus
1 lembar roti tawar
120 air
2 bawang putih
tepung panir secukupnya
merica secukupnya
gula dan garam secukupnya

Cara membuat
Cuci bersih jamur tiram di air yang mengalir, lalu rebus jamur tersebut hingga layu dan kemudian tiriskan.
Siapkan blender lalu masukkan jamur yang tadi sudah direbus, telur, roti tawar, bawang putih dan air. Blender hingga benar-benarĀ  halus, lalu tuang pada wadah yang cukup besar. Setelah itu masukkan tepung terigu, garam, gula dan merica ke dalamnya, aduk dan uleni hingga benar-benar tercampur rata membentuk seperti adonan.
Siapkan loyang yang telah diolesi dengan margarin, lalu letakkan adonan nugget tadi ke dalamnya. Kukus adonan tersebut kira-kira selama 30 menit, jangan lupa untuk melapisi penutup tempat kukus dengan kain agar air tidak menetes ke dalam adonan. Saat pengukusan jangan terlalu sering untuk dibuka-buka tutupnya.
Setelah matang, angkat nugget dan dinginkan hingga benar-benar dingin, saat pendinginan jangan ditutupi dengan apa pun agar lebih cepat dingin dan adonan nugget tidak bau.
Setelah dingin, masukkan adonan nugget tersebut ke dalam kulkas dan biarkan selama kira-kira 1 jam. Nugget sudah siap untuk digoreng, gunakan tepung panir dan telur untuk melumurinya sebelum digoreng. Sisa adonan bisa disimpan di dalam frezeer.

Mudah bukan? Yuk marik coba resep nugget jamur tiram super praktis ini di rumah, sajikan selagi hangat dengan saus pedas, pasti mantap!

Share.

Leave A Reply