RANCAH POST – Tidak berbeda jauh dengan musik yang memiliki berbagai jenis genre atau aliran seperti metal, pop, rock, jazz, reggae, dan yang lainnya. Fotografi pun memiliki banyak ragam yang tak kalah populernya dengan ragam genre dalam musik. Pengetahuan tentang genre fotografi ini bisa menolong Anda mengenal ketertarikan Anda dalam dunia fotografi atau genre fotografi mana yang ingin Anda tekuni.

Sebenarnya genre dalam fotografi sangatlah banyak, tapi disini hanya akan diulas beberapa genre fotografi yang populer saja, di antaranya:

Pertama, Fotograpi Alam Liar (wild Life Photography).

Wildlife Fotografi
Foto: Amazing Animal Stories

Wildlife Photography adalah jenis fotografi yang mengabadika berbagai perilaku satwa liar di habitat asli mereka. Wildlife Photography merupakan jenis fotografi yang menantang. Karena selain Anda harus berani bila menjumpai hewan-hewan buas, Anda pun membutuhkan keahlian khusus dalam fotografi yang satu ini. Sebabnya ada beberapa hewan yang sulit kita ambil fotonya secara dekat dan dibutuhkan pengetahuan untuk memprediksi perilaku mereka.

Kedua, Fotografi Pemandangan (Landscape Photography).

Sunset Fotografi
Foto: Tonz de Inotz

Secara sederhana, fotografi landscape berarti fotografi pemandangan alam atau dalam definisi yang lain fotografi landscape adalah tema fotografi yang mengabadikan keindahan alam yang dapat di mix dengan objek lain seperti manusia, hewan, pepohonan, bebatuan, air, ataupun objek lainnya, namun tetap yang menjadi fokus utama dalam fotografi ini adalah alam.

Ketiga, fotografi jurnalistik (Photo Journalism).

Photo Journalism
Foto: Kelas Fotografi | Washington Post

Jenis fotografi yang satu ini merupakan hasil karya jurnalis yang menggunakan objek dalam foto untuk menceritakan sebuah kisah atau berita. Fotografi jurnalistik sendiri berbeda dari jenis fotografi lain yang hampir sama dengannya, misalnya fotografi jalanan atau fotografi selebriti. Jenis fotografi yang satu ini memakai kerangka etika yang mengedepankan kejujuran dan tidak berat sebelah dalam mendokumentasikan sebuah objek yang akan digunakan sebagai bahan pemberitaan.

Keempat, portrait photography.

Portrait Photography
Foto: Tonz de Inotz

Dengan nama lain Portraiture Photography, fotografi ini adalah jenis genre yang mengekspose ekspresi, kepribadian, maupun suasana hati seseorang. Fotografi jenis ini memfokuskan pengambilan gambar/foto pada wajah seseorang. Sebab suasana hati seseorang bisa terlihat dari ekspresi wajah seseorang.

Kelima, Architectural Photography (Fotografi Arsitektur).

Architectural Photography
Foto: Tonz de Inotz

Architectural Photography adalah genre fotografi yang fokus pada foto bangunan atau arsitektur bangunan. Fotografer arsitektur biasanya handal dalam penggunaan teknik khusus dan peralatan pendukung fotografi.

Bersambung!

Share.

Leave A Reply