RANCAH POST – Secara sederhana, fotografi landscape berarti fotografi pemandangan alam atau dalam definisi yang lain fotografi landscape adalah tema fotografi yang mengabadikan keindahan alam yang dapat di mix dengan objek lain seperti manusia, hewan, pepohonan, bebatuan, air, ataupun objek lainnya, namun tetap yang menjadi fokus utama dalam fotografi ini adalah alam.

Namun tidak semua fotografer dapat menghasilkan fotografi landscape yang menakjubkan ini, banyak faktor pemicu seperti belum dikuasainya teknik fotografi, kondisi alam, maupun kondisi peralatan yang tidak mendukung dihasilkannya foto yang menakjubkan.

Untuk menghindari jeleknya atau gagalnya fotografi landscape yang dihasilkan, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda menekan tombol shutter pada kamera anda:

Pertama, gunakan mode auto atau guide mode yang tersedia dalam kamera Anda. Jangan terlalu memaksakan diri untuk menggunakan mode manual. Janganlah ragu atau merasa malu menggunakan mode auto pada kamera Anda, tidak selalu foto yang dihasilkan dari mode auto akan jelek atau kurang memuaskan, semuanya bergantung bagaimana cara kita menggunakan kamera.

Kedua, mencontek. Maksudnya adalah Anda memperhatikan atau mengamati foto landscape milik orang lain, kemudian pelajari. Jika menurut anda bagus, coba Anda praktekan sampai Anda merasa mampu menguasai teknik fotografi landscape yang baik.

Ketiga, gunakan Tripod bilamana diperlukan. Hal ini agar foto yang dihasilkan lebih tajam dan tidak blur karena mengalami guncangan. Hal ini dikarenakan fotografi landscape biasanya menggunakan aperture rendah yang berdampak pada shutter speed yang lambat.

Keempat, titik fokus. Titik fokus disini bukanlah titik fokus pada kamera Anda, melainkan titik dimana mata anda tertuju pertama kali pada objek yang hendak difoto.

Kelima, perhatikan foreground. Foreground tidak kalah pentingnya dengan background, pengambilan foreground yang tepat akan menghasilkan foto yang lebih kuat dan berkarakter.

Keenam, cuaca. Kebanyakan dari Kita mungkin berpikir kalau hari yang cerah adalah waktu yang pas untuk mencari objek foto, tapi sebenarnya cuaca yang tidak mendukung pun akan memberikan kesan dan karakter yang berbeda dari foto yang Kita hasilkan.

Demikian beberapa hal yang patut Kita perhatikan dalam mengambil foto landscape. Jangan pernah lelah mencoba dan berlatih, semakin sering Kita berlatih, semakin Kita tahu dimana letak kekurangan Kita dalam mengambil foto. Practice makes perfect!

Share.

Leave A Reply