Minggu, 5 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Wisata Kuliner Makassar Yang Super Nikmat

Wisata Kuliner Makassar Yang Super Nikmat

RANCAH POST – Negeri Mamiri atau Makassar merupakan salah satu kota besar yang berada di pulau Sulawesi yang banyak memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Tetapi jika Anda hanya menikmati keindahan alam yang berada di Makassar saja itu kurang memberikan kepuasan bagi para pelancong.

Makassar juga memiliki banyak menu makanan khas yang terkenal kelezatannya dan sampai-sampai dijuluki juga sebagai surga kulinernya Sulawesi. Wisata kuliner Makassar yang bisa Anda coba diantaranya adalah sebagai berikut.

Coto Makassar
Makanan tradisional Makassar ini biasa di sebut juga dengan Coto Mangkasara. Coto ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging dan juga jeroan sapi yang diolah kemudian direbus hingga empuk, kemudian setelah diangkat diirislah dengan tipis-tipis daging dan jeroan tersebut dan ditaburi dengan bumbu racikan yang sudah disediakan seperti jintan, ketumbar, lengkuas, kacang tanah, merica, serai bawang merah, bawang putih, air jeruk nipis, dan juga tak ketinggalan penyedap rasa.

Jika Anda merasakan coto ini akan berbeda sekali dengan soto sapi yang lain yang ada di daerah luar seperti misal di Jawa. Perbedaan coto daging sapi Makassar menggunakan kacang sengrai, jadi terasa lebih kental dan gurih, dan tentunya orang Makassar bilang coto mangkasara lebih enak dibanding dengan daerah lain.

Mie Teti
Mie teti ini adalah mie yang pada awal mulanya dibuat oleh seseorang keturunan Tionghoa yang menetap di Makassar sekitar 50 tahunan yang lalu. Cara penyajiannya yaitu dengan menggoreng mie sampai kering lalu baru disiram dengan menggunakan kuah kental. Kuah kental tersebut dibuat dengan adonan telur dan sayur-sayuran hijau yang dibuat dengan encer sebagai kuah mie Teti tersebut. Sehingga membuat rasa yang khas dan lezat.

Pallu Basa
Makanan khas Makassar ini juga tak kalah enaknya dengan kuliner tradisional lain di Makassar. Pallu basa ini merupakan masakan sejenis sop yang pembuatannya dengan bahan dasar daging dan jeroan sapi. Dilihat dari bahan yang digunakan menjadikan sop ini hampir mirip dengan coto. Hanya saja di dalam pembuatannya sop ini dipadukan dengan parutan kelapa sangria dan juga santan yang kental, sehingga membuat sop ini memiliki aroma yang khas dengan bumbu racikan di dalamnya, dan tentunya sop ini memiliki rasa yang sangat gurih.

Sarabba
Jika Anda mengenal STMJ atau bila diartikan adalah susu telur madu jahe, mungkin sarabba mempunyai model yang hampir sama dengan STMJ. Sarabba adalah merupakan minuman asli khas dari Makassar yang biasa dijadikan sebagai minuman kesehatan badan agar bertambah bugar penuh stamina. Bahan pembuatannya yaitu dengan menggunakan jahe, gula merah, santan dan juga telur kuning. Hanya saja perbedaan dari sarabba dengan STMJ adalah sarabba tidak menggunakan pemanis seperti madu hanya dengan gula merah saja.

Selain bahan-bahan pembuat sarabba di atas, campuran dalam pembuatan minuman kesehatan sarabba juga menggunakan rempah-rempah lain seperti pala, merica, serta kayu manis. Dengan beberapa bahan yang digunakan pada sarabba dapat membantu mengobati penyakit ringan seperti masuk angin, flu serta dapat menambah stamina.

Es Palu Bunting dan Pisang Ijo
Makanan penutup ini sungguh sangat menggoda selera, dengan kesegarannya akan mengakhiri makan kita menjadi lebih mantap dengan campuran pisang dan bubur sumsum di dalamnya terasa nikmat saat menyantapnya.

Itulah informasi tentang wisata kuliner Makassar. Akan tetapi ulasan di atas hanya beberapa saja dan masih banyak wisata kuliner yang belum tertulis dan tentunya tak kalah nikmatnya dengan kuliner khas di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,397FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan