RANCAH POST – Pendamping nasi memang sangat banyak sekali, salah satunya adalah sambal. Sambal memang salah satu menu pendamping nasi yang sangat spesial dan banyak orang menyukainya. Utamanya mereka yang suka sekali dengan rasa pedas pasti tidak ingin melewatkan kenikmatan sambal disela-sela santapannya.

Karenanya sebagai variasi masakan kita dapat selalu menghidangkan sambal sebagai menu pendamping namun dengan variasi yang berbeda-beda karena pastinya jika kita menghidangkan sambal dengan variasi yang sama rasa bosan akan menyelinap walaupun kita sangat suka dengan sambal. Salah satu variasi sambal yang dapat kita coba buat di rumah dan sangat spesial untuk mendampingi menu makanan kita adalah sambal terasi wijen.

Sambal terasi wijen yang dibuat dengan terasi dan wijen sebagai ciri khasnya memang sangat nikmat dan tentunya akan membuat Anda terus dan terus ingin merasakan sensasi kenikmatannya. Rasanya yang sangat nikmat akan membuat nafsu makan Anda bertambah sehingga semua makanan akan terasa begitu lezat. Selain dapat Anda makan sebagai pendamping nasi kita juga dapat memakannya sebagai pendamping kerupuk, tahu, ote atau menu makanan lainnya.

Untuk mempermudah Anda dalam mencobanya di rumah berikut ini kami uraikan resep nikmat sambal terasi wijen.

Bahan-bahan untuk membuat sambal terasi wijen
1. Cabai merah keriting digoreng 7 buah dan dapat ditambah sesuai selera pedas Anda.
2. Cabai rawit merah digoreng 4 buah dan dapat ditambah sesuai selera pedas Anda.
3. Bawang merah digoreng 2 butir.
4. Bawang putih diiris dan digoreng 4 siung.
5. Wijen disangrai dan dihaluskan 2 sdt.
6. Terasi digoreng 1 ½ sdt.
7. Tomat digoreng 1 buah.
8. Garam ½ sdt.
9. Gula merah ¼ sdt.

Cara untuk membuat sambal terasi wijen
1. Uleg halus cabai rawit merah, cabai merah keriting, bawang putih, bawang merah, wijen, garam, gula dan terasi.
2. Tambahkan tomat.
3. Uleg secara merata.
4. Dan sajikan bersama menu utama.

Sambal terasi wijen ini dapat digunakan untuk 7 porsi. Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati sensasinya yang lezat dan pedas, dapat mencoba membuatnya di rumah. Persiapkan bahan yang dibutuhkan dan ikuti langkah membuatnya dalam resep sambal terasi wijen yang kami bagikan. Selamat menikmati hidangan spesialnya bersama sambal terasi wijen.

Share.

Leave A Reply