Senin, November 30, 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Opor Ayam Kampung Spesial

Resep Opor Ayam Kampung Spesial

RANCAH POSTOpor ayam, siapa yang tidak kenal dengan kuliner satu ini. Opor ayam merupakan salah satu hidangan favorit yang biasanya disajikan dalam acara-acara tertentu, misal ketika Idul Fitri, masakan ini selalu jadi menu utama dan andalan banyak orang.

Namun, jika hendak menikmati opor ayam ini tidaklah perlu menunggu hingga Idul Fitri, arisan, acara keluarga dan acara-acara lain karena opor ayam sendiri banyak dijual di rumah makan. Selain dengan membeli, Anda tentu saja dapat membuat sendiri opor ayam dengan resep yang akan kami sediakan. Sebagaimana diketahui, opor ayam ini memilik rasa yang sangat lezat, dengan tekstur lembut serta kuah kental sudah pasti akan bikin ngiler.

Jangan hanya mengandalkan penjual opor ayam, Anda juga dapat membuatnya sendiri. Cara membuat opor ayam kampung spesial ini tidaklah sulit, selain bahan-bahan yang gampang diperoleh, tentu dengan membuat sendiri ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda di dapur. Resep opor ayam terbilang mudah, terlebih di jaman sekarang telah ada bumbu instan untuk opor ayam, namun tentu saja jika mengandalkan bumbu tersebut dirasa akan kurang menantang.

Resep opor ayam kampung spesial

Bahan-bahan opor ayam
ayam kampung (sekitar 1 kg), 1 ekor
santan encer, 1 liter
santan kental, 500 ml
daun jeruk, 4 lembar
daun kunyit, 1 lembar
lengkuas (dimemarkan), 1 ibu jari
serai (memarkan), 1 batang
Royco rasa ayam, 1 sachet
bawang merah goreng (taburan), 2 sendok makan

Bumbu-bumbu opor ayam (halus)
bawang merah, 3 butir
bawang putih, 6 siung
kencur, 1 cm
lada (disangrai), 1 sendok teh
ketumbar (disangrai), 1 sendok teh
kemiri, 5 butir
garam, 2 sendok teh
gula pasir, 1 sendok makan

Cara membuat opor ayam

Campurkan ayam beserta bumbu-bumbu halus, kemudian diamkan sekitar lebih kurang 15 menit sampai bumbu benar-benar meresap.
Rebuslah santan encer, kemudian masukkan bahan-bahan (kecuali santan kental) beserta Royco rasa ayam. Masaklah dengan menggunakan api kecil, sembari sesekali diaduk supaya santan tersebut tidak pecah.
Tuangkan santan kental, diaduk perlahan sampai ayam terasa empuk, kemudian diangkat.
Jika Anda menginginkan kuah dalam opor yang banyak, tambahkan lagi air sesuai dengan selera.
Terakhir, hidangkan dan taburi dengan bawang merah goreng.

BACA JUGA :

Nah, selesai sudah cara membuat opor ayam kampung spesial, mudah bukan? Nikmati masakan opor ayam ini saat hangat, tambahkan ketupat atau lontong sebagai pengganti nasi untuk mendapatkan sensasi opor ayam yang sangat lezat dan menggugah selera. Ajak keluarga Anda untuk bersama-sama menikmati opor ayam buatan sendiri. Demikian resep opor ayam kampung spesial ini, selamat mencoba dan selamat berkreasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here