Jumat, 23 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Martabak Manis Bangka dan Cara Membuatnya

Resep Martabak Manis Bangka dan Cara Membuatnya

RANCAH POSTMartabak manis, siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Jenis kue yang menggunakan bahan baku utama tepung terigu ini banyak disukai segala jenis usia, rasanya yang manis, kenyal dan sungguh lezat. Namun, ada sebagian orang yang menyebut kue martabak ini dengan sebutan terang bulan. Apalah namanya itu, martabak manis ini sangat mudah didapat, termasuk di kota-kota kecilpun penjual martabak sudah merajalela.

Kenapa disebut martabak manis? Mungkin karena kue martabak ini diberikan taburan yang manis-manis, seperti cokelat, kacang, ketan, keju, pisang dan lain-lain. Hmmm, pasti rasanya sangat nikmat karena kini martabak tidak hanya menyajikan taburan yang itu-itu saja, banyak orang berkreasi dengan mengkombinasikan taburan-taburan yang akan menambah kelezatan kue martabak tersebut.

Jika Anda penyuka martabak manis ini, jangan hanya mengandalkan pedagang martabak saja, sesekali cobalah berkreasi di dapur untuk mencoba membuat kue martabak manis. Selain bahan baku yang mudah diperoleh, cara membuat martabak pun tidaklah sulit. Seperti kami disini akan memberikan resep martabak manis Bangka untuk Anda coba jajal dan sajikan untuk keluarga, nikmati kebersamaan dengan menyantap martabak manis ala Bangka ini.

BACA JUGA : Berbagai Macam Jenis Martabak Yang Telah Dimodifikasi

Kenapa martabak manis ini lebih terkenal dengan sebutan martabak Bangka? Apa karena kue ini merupakan khas daerah Bangka? Namun, bila dilihat di kota-kota besar telah banyak penjual martabak ini lengkap dengan tulisan di roda dagangan mereka. Apapun dan bagaimanapun sejarah martabak ini, mending kita langsung praktekkan saja.

Resep martabak manis Bangka

Bahan martabak manis
2 butir telur
1 sendok teh ragi instan
1/4 sendok teh baking powder
50 gram gula pasir
175 mililiter air
1/4 sendok teh garam
125 gram tepung terigu

Bahan taburan martabak manis
Keju cheddar
Meises
Gula pasir
Susu kental manis

Cara membuat martabak manis

Campur air, tepung terigu, 25 gram gula pasir serta baking powder, diaduk hingga merata.
Tambahkan ragi instan, kemudian diamkan lebih kurang 1 jam – 2 jam.
Kocoklah telur beserta 25 gram gula pasir, dan masukkan ke dalam adonan martabak.
Siapkan cetakan martabak dengan cara dipanaskan dengan api kecil, kemudian oleskan margarin.
Masukkan adonan martabak ke dalam cetakan, diamkan adonan sampai mengeluarkan buih-buih. Kemudian taburi dengan gula pasir, dan tutup sampai matang.
Lepaskan martabak dari dalam cetakan, kemudian diletakkan pada talenan. Olesikan margarin terlebih dahulu, kemudian taburkan cokelat meises dan parutan keju.
Tuangkan susu kental manis di atasnya. Kemudian belah menjadi dua bagian dan tumpuk dengan bagian lainnya.
Potong-potong martabak tersebut menjadi beberapa bagian, nah sekarang martabak manis Bangka telah siap untuk dihidangkan.

Gampang sekali bukan? So, jangan pikir panjang lagi untuk mencoba membuat martabak manis dengan resep yang telah kami sediakan di atas. Apalagi kalo keluarga Anda doyan akan jajanan yang satu ini, selain menghemat uang, juga dengan membuat sendiri martabak ini akan memberikan pengalaman memasak dan menikmati kue buatan sendiri.

BACA JUGA : Resep Cireng Khas Bandung

Martabak manis ini cocok untuk disantap di saat malam hari, untuk sekedar mengganjal perut atau sebagai bahan cemilan Anda dikala menonton acara televisi di malam hari.

4 KOMENTAR

  1. Kenapa martabak bangkanya menggunakan ragi ? Seharusnya martabak bangka itu nggak gunain ragi loh, sebagai orang asli bangka belitung mohon bahan raginya dibuang terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan