RANCAH POST – Mengkonsumsi sayuran dan buah merupakan salah satu gaya hidup sehat. Kandungan nutrisi dan zat kimia yang terkandung di dalam buah dan sayuran mampu menopang kesehatan manusia. Baik buah atau sayuran semuanya memiliki peranan yang sangat penting sebagai penyuplai energi dan menjaga kesehatan tubuh.

Karena keduanya memiliki peranan dalam penghasil nutrisi serta nilai gizi yang banyak, maka kita wajib mengkonsumsi makanan yang satu ini, sehingga kita dapat selalu sehat tampil lebih bugar.

Tapi bagaimana jika buah dan sayuran yang selalu kita konsumsi ternyata banyak mengandung pestisida yang tentunya buruk bagi tubuh. Sebenarnya penggunaan pestisida ini dimaksudakan untuk mengusir serangga atau hama pada buah dan sayuran, tapi bagaimana jika malah masuk dan diserap oleh tubuh kita. Bukannya kesehatan yang didapat malah penyakit yang diundang.

Dengan demikian kami akan memberikan tips mengenai bagaimana cara menghilangkan kandungan pestisida dalam buah dan sayuran yang baik dan benar. Berikut ini merupakan beberapa tips yang mudah untuk Anda lakukan di rumah ketika Anda selesai membeli buah dan sayuran sebelum dikonsumsi.

Bersihkan buah dan sayuran dari pestisida dengan menggunakan campuran ekstrak biji anggur yang dihaluskan atau diblender menyerupai jus, cuka putih yang dilarutkan dalam air, dan baking soda. Setelah semua bahan di campurkan lalu semprotkan campuran cairan tersebut pada buah dan sayuran sebelum dikonsumsi.

Untuk buah berry atau jenis buah dan sayuran tertentu seperti bayam dan seledri setelah diberi campuran bahan anti pestisida, maka buah dan sayur tersebut didiamkan sekitar 10 menit. Kemudian setelah itu bilas dan rebus sekitar satu sampai dua menit sampai dipastikan kandungan pestisidanya lenyap terbawa air bilasan.

Selain itu jika bahan yang ampuh membasmi pestisida adalah campuran cuka putih, air lemon dan air bersih yang nantinya bisa disemprotkan ke dalam permukaan kulit buah atau sayuran yang akan dimakan tentunya.

Sementara untuk membersihkan kubis dan timun, lebih baik hilangkan dahulu bagian kulit luarnya. Bisa menggunakan rendaman air garam dan air perasan lemon yang mampu menetralisir bahan kimia yang terkandung dalam pestisida ini.

Sebenarnya hanya dengan membersihkan buah dan sayuran pada air yang mengalir, sudah cukup untuk membersihkannya, namun tidaklah sempurna karena masih ada zat-zat kimia yang masih melekat pada kulitnya. Tapi bagaimana jika kulitnya dibuang seperti pada buah apel atau jambu, perilaku ini memang baik, namun ketahuilah bahwa nutrisi yang paling banyak pada buah terdapat pada serat kulitnya.

Maka dari itu kami memberikan tips di atas, agar Anda selalu selektif dan teliti mengolah buah dan sayuran yang Anda beli supaya terjamin kesehatannya bagi tubuh Anda.

Share.

Leave A Reply