Selasa, November 24, 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Kue Lumpur Tak Seperti Tanah Lumpur

Resep Kue Lumpur Tak Seperti Tanah Lumpur

RANCAH POST – Kali ini kami akan memberikan resep membuat kue lumpur. Mungkin mendengar namanya saja Anda merasa kaget karena adanya kata lumpur pasti yang Anda pikirkan adalah tanah lumpur yang kotor dan menjijikan. Tapi sebaliknya kue lumpur sendiri memiliki rasa yang manis lembut dan lezat banget.

Kue lumpur merupakan kuliner berupa jajanan yang selalu kita temui di pasar atau pinggir jalan yang pastinya di sukai banyak orang. Dalam acara tradisional, kudapan ini tak pernah absen melengkapi tempat makan yang tersaji diatas meja. Teksturnya yang lembut, aromanya yang harum dan vanili yang tajam adalah ciri khas dari kue ini

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa kue ini dinamakan kue lumpur. Konon, lahirnya kata lumpur pada kue ini karena teksturnya yang halus dan lembut seperti lumpur. Bentuk lumpur ini dihasilkan dari adonan tepung terigu dan tambahan kentang yang direbus kemudian dihancurkan hingga halus.

Tak usah panjang lebar lagi, mari kita meluncur ke dapur. Tapi sebelum itu, seperti biasa kita mesti menyiapkan bahan-bahannya seperti biasa.

BACA JUGA : Resep Kue Cubit Special, Si Kecil yang Manis

Ini dia bahan apa saja yang harus disiapkan:

  1. 250 grm kentang yang telah direbus dan dihancurkan sampai halus
  2. 500 grm tepung terigu
  3. 250 grm margarine yang telah dicairkan
  4. 850 ml santan cair
  5. 4 butir telur ayam
  6. ½ sdt garam
  7. 250 grm gula pasir
  8. ½ sdt vanili
  9. Kismis
  10. Daging kelapa muda

Setelah semua bahan telah dipersiapkan dengan baik, selanjutnya kita akan mula meracik semua bahan tersebut menjadi kue lumpur yang lembut dan lezat.

Proses pembuatan kue lumpur :

  1. Siapkan wadah terlebih dahulu, setelah itu masukan gula, telur dan vanili kemudian kocok sampai tercampur rata selama 10 menit.
  2. Masukan kentang kemudian aduk kembali dengan adonan diatas.
  3. Jika terasa semua bahan tercampur rata selanjutnya tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk sampai rata.
  4. Selanjutnya tuangkan santan cair, garam, dan margarin yang telah dicairkan sebelumnya kemudian aduk kembali sampai rata.
  5. Setelah adonan telah selesai diaduk, selanjunya panaskan cetakkan kue lumpur dengan diolesi margarine.
  6. Jika cetakan kue telah panas lalu tuangkan adonan dalam cetakan dan masak selama 1-2 menit.
  7. Setelah menunggu sampai adonan setengah matang, kemudian tambahkan kelapa muda dan kismis pada adonan kue lumpur, setelah itu masak kembali selama 2-3 menit, diamkan sampai matang dan berbentuk padat.
  8. Setelah dipastikan matang kemudian sajikan.

Bila menginginkan tekstur kue lumpur yang lebih lembut bisa menggunakan saringan makanan sebelum dimasukan ke dalam cetakan kue. Untuk cetakannya sendiri bisa juga menggunakan cetakan kue cup cake dan dipanggang dengan durasi waktu yang sama.

Demikianlah resep membuat kue lumpur yang lembut dan tentunya lezat. Baik dihidangkan dalam acara-acara resmi juga sebagai kudapan keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here