Selasa, Desember 1, 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Membuat Siomay Bandung yang Lezat

Resep Membuat Siomay Bandung yang Lezat

RANCAH POST – Proses pembuatan siomay sebenarnya hampir mirip dengan pembuatan batagor. Untuk siomay-nya sendiri bisa diganti dengan udang atau daging ayam yang jelas masih bisa digiling atau dihaluskan.

Ada juga yang berpendapat bahwa siomay sendiri mirip dengan Dim Sum. Makanan ini dibuat dari gulungan pangsit yang disiram sambal kacang. Sebenarnya kata siomay itu berasal dari bahasa Cina Siomai (siu mai atau shaomai), sebuah jajanan tradisional Cina jaman dulu yang berasal dari bangsa Mongolia.

Di Indonesia siomay sangat-sangat populer, bahkan dikenal sebagai kuliner jajanan. Munculnya makanan ini berasal dari Bandung, maka tak heran jika pedagang siomay-siomay ini selalu menggunakan kata siomay Bandung dan penjualnya pun berasal dari Jawa Barat.

Setelah kita mengetahui asal muasal siomay, sekarang kita akan mulai membuat makanan lezat tersebut. Dan inilah beberapa bahan-bahan yang harus disiapkan.

Kol
20 lembar kulit pangsit
Kentang
Tahu putih
300 grm daging ayam giling halus
300 grm udang giling halus
1 sdt garam
½ sdm saos tiram
½ sdt merica bubuk
½ bubuk penyedap rasa
1 butir telur
1 sdt gula pasir
1 sdm minyak wijen
5 siung bawang putih iris halus
150 grm tepung saji
Pare potong sedang

Bahan membuat saos kacang,

2 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 buah cabe merah
5 buah cabe rawit
8 butir kemiri
250 grm kacang goreng
Garam
Cuka
Gula pasir
Jeruk limo
100 ml air

Setelah semua bahan telah selesai dipersiapkan, selanjutnya kita akan mulai mengolah semua bahan tersebut menjadi satu hidangan siomay yang lezat.

  1. Tuangkan tepung saji beserta ayam dan udang yang sudah digiling halus ke dalam wadah, tambahkan air kemudian aduk adonan sampai tercampur rata.
  2. Tambahkan gula pasir, garam, merica, telur yang sudah dikocok, bubuk penyedap masakan, bawang putih yang sudah dihaluskan dan terakhir minyak wijen ke dalam adonan, lalu aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Belah tahu dibagian tengahnya lalu isi dengan adonan siomay tadi.
  4. Gulung sebagian adonan dengan kol
  5. Isi kulit pangsit dengan adonan lalu bungkus
  6. Buatlah adonan berbentuk bulat menyerupai bakso
  7. Untuk pembuatan saosnya sendiri, campurkan semua bahan saos kacang di atas lalu tumbuk atau hancurkan bisa dengan ulekan atau blender yang penting bisa sampai halus dan tercampur merata. Setelah semua telah halus kemudian tumis saos kacang tadi sampai harum dan matang serta jangan lupa tuangi dengan air secukupnya.
  8. Rebuslah telur sampai matang, kemudian kupas kulitnya
  9. Kukus tahu, telur yang telah direbus, kulit pangsit, pare yang sudah dipotong-potong, kentang, kol dan adonan bulat siomay kemudian tutup, tunggu sampai matang.
  10. Setelah bahan yang dikukuskan tadi sudah dipastikan matang kemudian tata satu-persatu ke dalam mangkuk atau piring. Selanjutnya siram dengan saus kacang. Maka siomay Bandung yang lezat siap dihidangkan.

Demikianlah resep membuat siomay Bandung yang pastinya lezat dan menggugah selera. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha makanan maka resep ini cocok menjadi salah satu menu masakan Anda. Disamping pembuatannya yang gampang juga banyak digemari masyarakat, maka tak salah jika Anda mengambil peluang usaha untuk menjual siomay Bandung ini. Selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here