22.9 C
Ciamis
BerandaLifestyleKulinerIni Dia Beberapa Kuliner Khas Bandung Yang Patut Anda Cicipi

Ini Dia Beberapa Kuliner Khas Bandung Yang Patut Anda Cicipi

RANCAH POST – Ada banyak tempat wisata kuliner di Bandung, Kita tahu kota kembang ini terkenal dengan tempat untuk berbelanja dan kulinernya yang tersebar hampir di seluruh penjuru kota.

Untuk sekadar jajan, Bandung memiliki banyak sajian makanan khas yang wajib dicoba. Anda tidak perlu bingung jajanan mana yang harus dicoba terlebih dahulu.

Berikut lima kuliner wajib coba di Bandung yang patut anda cicipi:

Serabi
Serabi yang klasik biasanya hanya berisi kue serabi dan siraman yang berupa campuran santan dan gula merah. Rasanya manis bercampur gurih. Namun, beberapa tempat di Bandung, menyuguhkan serabi dengan lebih banyak topping, dari yang manis sampai yang asin. Kalau mau menikmati serabi dengan beragam topping, Anda bisa mengunjungi Soerabi Enhaii di Jl. Setiabudi, Bandung, dekat dengan kampus NHI.

Martabak
Penganan lain yang sama terkenalnya dengan surabi adalah martabak. Di Bandung, martabak yang bercita rasa manis, lebih terkenal dibanding yang asin. Tempat yang menjual martabak sudah tersebar di beberapa lokasi di Bandung untuk memanjakan lidah para Anda.

Salah satu yang memiliki nama besar adalah Martabak San Fransisco. Martabak Fransisco memiliki empat kategori martabak; spesial, biasa, medium, dan tipis.

Untuk martabak spesial, telur yang digunakan lebih banyak. Sedangkan, untuk yang medium perbedaan terletak pada ukurannya yang lebih kecil dibanding dengan martabak spesial dan martabak biasa.

Sementara itu, untuk martabak tipis adalah martabak yang adonannya dibuat crispy seperti pinggiran martabak manis yang biasa. Untuk pilihan topping tentu saja banyak variasinya. Anda bisa mengunjungi Martabak San Fransisco di Jl. Burangrang No. 42, Bandung.

Batagor
Penganan lain walau cita rasanya tidak manis, namun kelezatannya selalu diburu: batagor. Merupakan singkatan dari bakso –tahu – goreng, batagor di Bandung biasanya hanya terdiri dari dua jenis; siomay dan tahu. Siomay dan tahu akan digoreng sampai kering, kemudian disajikan dengan bumbu kacang yang bisa langsung disiram ke batagor, atau diletakkan di pinggir piring untuk kemudian dicocol.

Di Bandung, Anda bisa menemukan banyak sekali penjaja batagor. Namun, yang terkenal di Bandung adalah Batagor Riri dan Batagor Kingsley. Batagor Riri yang sudah berdiri sejak tahun 1985 bisa ditemui di Jl. Burangrang. Sedangkan Batagor Kingsley dengan batagor andalannya yang empuk bisa ditemui di Jl. Veteran.

Mie kocok
Selain jajanan yang manis dan gurih, Bandung juga memiliki jajanan berkuah yang sama terkenalnya, Mie Kocok. Makanan berkuah ini memang salah satu jajanan yang wajib Anda cicipi.

Salah satu tempat mi kocok yang akan direkomendasikan jika Anda bertanya ke warga Bandung adalah Mie Kocok Mang Dadeng. Mie kocok berisi mi pipih panjang, tauge, kikil sapi, kemudian disiram dengan kuah kaldu dan dilengkapi dengan bawang goreng dan seledri. Mie Kocok Mang Dedeng buka sampai malam dan bisa ditemui di Jl. Banteng No. 67, Bandung.

Es oyen
Menikmati penganan khas Bandung, belum lengkap rasanya jika tidak didampingi dengan yang menyegarkan dahaga. Es oyen merupakan minuman yang sudah dijajakan sejak tahun 1950-an di sekitar kawasan Jl Bungsu, atau sekarang lebih dikenal dengan Jl. Veteran.

Penampilan es oyen memang mirip dengan es campur, namun bahan-bahan yang digunakan untuk es oyen agak berbeda dengan es campur. Nama es oyen tidak hanya terkenal di Bandung, di luar Bandung pun es ini tetap laris manis.

Stay Connected

104,855FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here