RANCAH POST – Kali ini kami akan membagi resep bagaimana cara membuat bubur ayam yang maknyus. Ketika pagi hari pastinya diantara kalian banyak yang mencari makanan satu ini, baik dengan cara membeli di pedagang dorong maupun mangkal. Memang makanan ini sangat-sangat populer di Indonesia sebagai pengganjal perut kedua setelah mie ayam dan bakso. Bubur ayam paling cocok disantap pada pagi hari atau sebagai menu sarapan.

Mengapa disebut bubur ayam, bukan ayamnya yang dibuat bubur tapi beras yang dimasak hingga meleleh menjadi setengah cair lalu diberi suiran daging ayam serta disiram oleh kaldu yang gurih, wajib disantap dalam keadaan panas atau hangat karena kalau didiamkan sampai dingin bumbunya akan menggumpal dan tidak lagi terasa enak dimakan.

Mungkin kalian sudah tidak sabar lagi untuk mencoba membuat bubur ini di rumah dan segera mencicipi rasanya yang menakjubkan. Kalian harus simak dan perhatikan langkah-langkahnya dengan sabar agar hasilnya memuaskan dan mampu menggoyangkan lidah Anda.

Seperti biasa yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan Bubur :

  1. 250 grm beras putih
  2. 2 lembar daun salam
  3. 2 sdt garam
  4. 2 liter air kaldu ayam

Bahan Kuah :

  1. 1 ekor ayam
  2. 1 sdt garam
  3. 750 ml air
  4. ½ buah biji pala
  5. ½ sdt lada
  6. 2 sdm minyak sayur
  7. 3 sdm kecap manis

Bahan pelengkap :

  1. Ayam goreng
  2. 50 grm kedelai goreng
  3. 2 batang cakwe diiris tipis
  4. 1 batang saledri dihaluskan
  5. Sate ampela
  6. 100 grm emping atau kerupuk

Bahan bumbu :

  1. 8 buah bawang merah
  2. 3 buah bawang putih
  3. 1 cm kunyit
  4. 1 sdm ktumbar
  5. 5 butir kemiri

Jika dirasa semua bahan-bahan telah siap, selanjutnya kita akan mulai mengolah semua bahan tersebut menjadi satu hidangan bubur ayam penggoyang lidah.

Proses membuat bubur ayam :

  1. Pertama masaklah ayam dalam rebusan air dengan ditambahkan garam hingga daging ayam tersebut menjadi lunak kemudian pisahkan dengan kaldunya tadi.
  2. Masak beras putih dengan menggunakan air kaldu ayam beserta daun salam, diamkan hingga beras hancur, kemudian masukkan garam aduk terus hinng beras menjadi bubur dan mengental
  3. Panaskan minyak sayur, kemudian tumis bumbu yang semuanya sudah dihaluskan sampai harum dan matang, kemudian masukan kedalam rebusan ayam dan rebus ayam kembali agar bumbunya bisa meresap ke daging ayam tersebut.
  4. Masak kaldu ayam sampai mendidih lalu tambahkan lada, kecap manis dan biji pala. Tutup kembali dan diamkan sampai meresap
  5. Setelah ayam matang sisihkan kembali kaldunya
  6. Terakhir goreng ayam yang sudah direbus tadi sampai berubah warna menjadi kecoklatan, kemudian angkat dan tiriskan. Jika sudah dingin suwir-suwir ayam tersebut, lalu sisihkan.
  7. Siapkan wadah atau mangkok, lalu tuangkan bubur sesuai ukuran wadah Anda, kemudian masukkan semua bahan pelengkap tadi beserta suwiran ayam goreng lalu siram dengan air kaldu ayam tadi, terakhir tambahkan kerupuk atau emping. Selesai!

Demikianlah resep membuat bubur ayam yang pastinya dapat menggoyang lidah Anda pas pertama mencicipinya. Bubur ayam ini paling cocok disantap dalam keadaan hangat dan paling pas disajikan pada pagi hari sebagai menu sarapan dan juga pada malam hari. Ajak teman, keluarga atau pun saudara makan bubur ayam bareng-bareng, tentunya agar menambah keharmonisan.

Share.

Leave A Reply