RANCAH POST – Atap rumah terkadang sering menjadi sisi yang terlupakan, padahal jika tak ada atap, sebuah rumah tak dapat dikatakan sebagai rumah. Ya, karena rumah tak akan terlindungi dari panas matahari dan air hujan akan masuk menggenangi bagian dalam rumah.

Selain berfungsi untuk pelindung, baik Anda sadari maupun tidak, ternyata atap rumah juga dapat memberikan desain yang berbeda pada rumah, rumah menjadi terlihat lebih bagus. Bahkan, dengan desain atap modern, sebuah rumah akan memiliki penampakan desain yang modern juga, jadi harap Anda ketahui bahwa atap rumah juga memegang peranan penting untuk eksterior hunian Anda. mari baca selengkapnya.

BACA JUGA : Desain Model Pagar Minimalis Terbaik

Beragam jenis atap rumah
Untuk sekarang ini, sudah cukup banyak model dari atap rumah yang tengah digandrungi orang-orang, khususnya orang-orang yang memang menggeluti bidang properti cukup mendalam. Atap rumah dapat menjadi pondasi desain rumah, karena akan langsung terlihat bahkan dari jauh sekalipun oleh orang-orang. Ketika Anda pulang ke rumah Anda, Anda pun juga akan setiap hari melihat atap rumah sebelum membuka pintu dan masuk.

Jadi, memang layak untuk menyiapkan dana untuk investasi dalam membuat atap rumah yang baik ketika pertama kali Anda membangun rumah. Atau jika atap sudah terlalu rusak, Anda dapat mencoba melakukan renovasi.

BACA : Gambar dan Tips Memilih Warna Cat dari Rumah Minimalis

Dari waktu ke waktu, atap rumah, khususnya model minimalis, akan selalu mengalami pergantian tren desain, dan bentuknya pun juga akan sering berganti, jadi jika Anda membandingkan atap dari tahun ke tahun, misalkan Anda membandingkan atap di tahun 2015 nanti dengan atap di tahun 2000 saja, akan terlihat perbedaan yang cukup signifikan, khususnya untuk rumah-rumah di kota besar, jika rumah di daerah pedesaan rata-rata perubahan tidak terlalu cepat dan masih menggunakan desain atap bentuk segitiga tradisional atau atap seng, karena masyarakat pedesaan tentu saja mencari yang murah.

Walaupun begitu, beberapa rumah orang di desa yang mempunyai cukup banyak uang, contohnya yang baru pulang dari pekerjaannya sebagai TKW, biasanya merenovasi rumahnya dengan menggunakan atap yang sudah cukup modern.

Desain atap tradisional
Inti dari desain atap model kuno yakni atapnya memiliki bentuk miring dan pada kedua sisinya itu disekat menggunakan genteng dan dibuat model memanjang. Sementara atap modern sudah ada yang berbentuk datar, tetapi masih tetap fungsional tentunya.

Untuk atap bermodel miring tersebut, memang memiliki maksud tertentu, yaitu pada saat hujan, air hujan akan bisa turun, jadi walaupun hujan deras terjadi, air tak akan merembes dalam rumah, air akan secara otomatis turun kemudian melewati saluran air yang sudah dibuat diarahkan menuju daratan atau selokan. Untuk daerah perkotaan biasanya diarahkan ke bagian fasad rumah, di luar pagar tapinya.

Atap jenis perisai
Jika sekarang ini, Anda sudah dapat menemukan atap berjenis perisai. Atap ini masih cukup jarang digunakan, tetapi mungkin di tahun 2015 akan menjadi tren baru. Atap ini mempunyai sisi berbentuk trapezium. Dan sudut yang dipakainya itu memiliki sudut pelana dengan kemiringan 30 hingga 40 derajat.

Dan atap perisai mempunyai bentuk unik serta kesan indah pada rumah bisa Anda peroleh dengan mudah jika Anda menerapkan kaca ini untuk rumah Anda. Anda dapat melihat contoh rumah yang menggunakan atap perisai sebelum memutuskan untuk mengaplikasikan jenis atap ini pada rumah Anda.

Sekian artikel tentang type atap rumah sederhana minimalis 2015, semoga berguna.

Share.

Leave A Reply