RANCAH POST – Tanggal 31 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Hari dimana menyebarluaskan kesadaran tentang bahaya rokok dan efek buruk dari merokok bagi kesehatan. Kita semua tahu bahwa merokok adalah kebiasaan buruk. Baik itu perokok aktif ataupun pasif, keduanya membahayakan kesehatan dan memiliki efek buruk bagi tubuh.

Asap rokok adalah kombinasi asap yang melayang dari rokok yang menyala dan asap utama (asap dihembuskan). Kombinasi ini memiliki efek yang sangat buruk pada kesehatan secara keseluruhan.

Jika pernah berpikir jika Anda duduk di samping orang yang sedang merokok tidak akan mempengaruhi kesehatan Anda. Perokok pasif (menghirup asap tembakau orang lain) juga berbahaya bagi kesehatan.

Tembakau telah membunuh non-perokok sekitar 600 ribu akibat asap nikotin dalam rokok. Fakta diungkapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bertepatan dengan kampanye anti-tembakau tahunan. Asap rokok tidak hanya berbahaya bagi anak-anak, tapi wanita dan pria dewasa pun dapat terpengaruh. Beberapa lembaga kesehatan telah menetapkan bahwa asap tembakau merupakan penyebab utama kanker paru-paru. Asap rokok tidak hanya membuat sulit bernapas, tetapi juga mngakibatkan iritasi mata, hidung dan tenggorokan sebagaimana tembakau itu mengandung belerang, formaldehida dan amonia.

Jadi, apa bahayanya menjadi perokok pasif terhadap kesehatan? Mari cari tahu mengenai bahaya rokok bagi perokok pasif di bawah ini.

Meningkatkan risiko terkena penyakit jantung
Menjadi perokok aktif atau pasif dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Orang-orang yang tinggal di sebuah rumah yang penuh dengan asap rokok memiliki risiko tinggi penyakit jantung koroner.

Asma
Asap rokok dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma. Anak-anak di bawah 18 tahun harus dijauhkan dari perokok.

Tekanan darah
30 menit menjadi perokok pasif dapat mempengaruhi aliran darah dan juga meningkatkan tingkat detak jantung. Sementara itu, jika lebih lama berada dalam situasi penuh asap rokok dapat menyebabkan aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah).

Kanker paru-paru
Perokok pasif juga berisiko terkena penyakit kanker paru-paru. Tidak Anda merokok atau tidak. Tembakau pasti akan memiliki efek kesehatan pada Anda!

Kanker payudara
Kanker payudara merupakan masalah kesehatan yang semakin banyak diderita oleh kaum perempuan saat ini. Menjadi perokok pasif dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Berada pada situasi asap rokok yang lama dapat menyebabkan kanker payudara.

Masalah kehamilan
Ini adalah salah satu efek samping terburuk dari merokok pasif bagi kesehatan. Merokok pasif  juga dapat meningkatkan kemungkinan masalah kehamilan bagi wanita.

Batuk kronis
Merokok pasif dapat mempengaruhi kesehatan Anda, asap tembakau yang terhirup dapat menyebabkan batuk kronis.

Batuk dan dahak
Bahaya rokok bagi anak-anak yang menghirup asap rokok sering menderita batuk dan dahak.

Keguguran
Wanita hamil harus menghindari jadi menjadi perokok aktif atau pasif selama masa kehamilan. Asap tembakau dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir mati.

Selama kehamilan
Perokok pasif memiliki efek kesehatan utama pada wanita hamil. Asap rokok dapat mengakibatkan komplikasi pada kelahiran, dapat menyebabkan kelahiran prematur, berat badan bayi menurun dan juga dapat menyebabkan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

Demikian bahasan mengenai bahaya rokok bagi kesehatan, baik itu bagi perokok aktif maupun perokok pasif.

Share.

Leave A Reply