RANCAH POST – Dalam tahun-tahun ini, Mozilla telah menyatakan tidak akan merilis versi Firefox untuk iOS karena Apple tidak akan membiarkan untuk menggunakan mesin web pada platform. Namun dengan kehadiran CEO baru, namun sepertinya pemikiran Mozilla berubah. Pada acara internal Mozilla Portland, organisasi tersebut berbicara tentang perlunya untuk membawa browser ke iOS.

“Kita harus ada dimanapun pengguna kami berada,” ungkap manajer rilis Firefox, Lukas Blakk menulis di Twitter (mengutip Mozilla Firefox VP, Jonathan Nightingale, kita pikir). “Jadi kita akan membuat Firefox di iOS.”

Apple telah sangat ketat terkait mesin browser pihak ketiga pada platform. Browser pihak ketiga iOS saat ini seperti Chrome atau Opera hanya dapat beroperasi pada iOS karena mereka menggunakan JavaScript dan rendering mesin buatan Apple sendiri, seperti dalam kasus Opera, dengan rendering situs pada server dan kemudian mengirimkan mereka ke perangkat .

Belum jelas bagaimana rencana Mozilla akan membawa Firefox untuk iOS, namun mengingat bahwa Apple tidak akan membuka platform untuk mesin browser pihak ketiga, kemungkinan harus bekerja dengan menggunakan teknologi Apple. Maka, jika dengan hal itu masih bisa mendukung account Firefox, alat sinkronisasi bookmark dan semua fitur lain sebagaimana yang ditawarkan pada Firefox untuk Android saat ini.

Tahun depan akan menjadi salah satu yang penting untuk Firefox, dan salah satu yang diharapkan akan membawa sedikit kebangkitan untuk browser. Pengguna saat ini ingin menggunakan browser yang sama pada semua perangkat mereka. Yang bisa menggunakan sinkronisasi bookmark dan password menjadi sedikit lebih mudah. Untuk sementara, Mozilla menawarkan Firefox Home pada iOS persis untuk alasan ini, namun kemudian meninggalkan proyek tersebut dua tahun lalu.

Share.

Leave A Reply