RANCAH POSTMenteri Pertahanan Amerika Serikat baru telah dipilih oleh Presiden Barack Obama untuk menggantikan Chuck Hagel yang mengundurkan diri dari kabinet. Diberitakan mantan Wamenhan AS, Ashton B Carter telah dipilih menjadi pemimpin Pentagon yang baru.

Menurut salah satu media Rusia (2/12/2014) membeberkan, penunjukkan Carter memang sudah sangat panas dibahas. Carter juga sudah menjadi kandidat kuat yang akan dipilih Obama sebagai Menteri Pertahanan Amerika Serikat yang baru.

Kini Carter menunggu persetujuan Senat untuk penunjukkannya sebagai Menteri Pertahanan Amerika Serikat.

Pemikiran Carter tentang prioritas pertahanan terlihat sepemikiran dengan apa yang ada dalam kepala Obama, didalamnya termasuk rencana aliansi pertahanan dan kemitraan dengan wilayah Asia dan Pasifik. Menteri Pertahanan Amerika Serikat yang baru dipilih Obama itu juga sejalan dengan mempersempit perhatian ke pertahanan dunia maya dan berjuang dalam hal penyebaran senjata Nuklir.

Namun calon Menteri Pertahanan Amerika Serikat itu dianggap sangat kurang pengalaman dalam strategi perang dan belum pernah sama sekali turun ke medan perang.

Terlepas dari hal tersebut, Carter memiliki background pertahanan yang luas, ia mendapat gelar sarjana bidang sejarah abad pertengahan dari Universitas Yale dan mendapat gelar doktor fisika teori dari Universitas Oxford.

Carter juga mempunyai rekam jejak pada bidang senjata teknologi tinggi dan militer, hal itu membuat anggaran Pentagon bisa menjadi efisien.

Share.

Leave A Reply