RANCAH POST – Sony Xperia Z3 dan Samsung Galaxy Alpha adalah dua smartphone high-end dengan menggunakan nano-SIM besutan pabrikan Samsung dan Sony, masing-masing dirilis pada bulan Agustus dan September 2014 lalu.

Sony Xperia Z3 merupakan handset versi lebih besar dari smartphone Sony Xperia Z3 Compact. Sementara itu, Samsung Galaxy Alpha tidak memiliki adaptasi smartphone yang lebih kecil. Samsung Galaxy Alpha adalah perangkat pertama dari lini Samsung Galaxy yang menyingkirkan semua bezel bodi dan penggunaan logam plastik. Sony Xperia Z3 menggunakan eksterior aluminium sebagaimana smartphone lainnya.

Samsung Galaxy Alpha dibangun dengan layar 4,7 inci, sementara Sony Xperia Z3 memiliki layar lebih besar 5,2 inci. Samsung menawarkan smartphone dengan teknologi layar Super AMOLED, Sony menggabungkan teknologi layar LCD IPS Triluminos. Galaxy Alpha memiliki lapisan anti gores kaca buatan Corning Gorilla Glass 3, sedangkan layar Sony Xperia Z3 diklaim tahan air dan debu. Samsung Galaxy Alpha membawa resolusi piksel 720 x 1280 piksel dan kepadatan 312ppi dengan pengaturan susunan piksel PenTile. Sony Xperia Z3 memiliki resolusi layar 1.080 x 1.920 piksel dan dan kepadatan piksel 424ppi.

Sony Xperia Z3 memiliki kamera belakang 20.7MP yang sangat baik, sementara smartphone Samsung memiliki kamera belakang 12MP ISOCELL. Kamera depan di Sony Xperia Z3 memiliki resolusi 2.2 megapiksel sedangkan kamera depan di Samsung Galaxy Alpha adalah 2,1 megapiksel. Sebuah fitur penting yang ditawarkan Sony dengan dihadirkannya tombol khusus kamera untuk membantu pengguna mengambil foto lebih mudah. Kedua smartphone dilengkapi teknologi LED flash pada kamera belakang dan perekam video yang mampu merekam video 4K. Selain untuk selfie, kamera depan Sony Xperia Z3 juga bisa merekam video full HD.

Dua kamera belakang pada kedua smartphone memiliki fitur-fitur seperti touch focus, panorama, deteksi wajah dan HDR, kamera belakang Sony memiliki karakteristik tambahan yang menarik seperti pelacakan objek, pemilihan adegan otomatis, gambar dan / atau stabilisasi video dan pengurangan red eye.

Sony Xperia Z3 vs Samsung Galaxy Alpha, Fitur dan Spesifikasi
Samsung Galaxy Alpha. (Foto: CNET)

Samsung Galaxy Alpha dipacu dengan prosesor octa-core 5 Exynos yang sebenarnya adalah dua prosesor quad-core yang memiliki frekuensi clocking 1.8GHz dan 1.3GHz. Sony Xperia Z3 memiliki satu prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 801 dengan frekuensi clock 2.5GHz. Samsung Galaxy Alpha hadir dengan RAM 2GB, berbeda dengan Sony Xperia Z3 yang tampil luar biasa dengan dukungan RAM 3GB. Memori penyimpanan pada smartphone Samsung terbatas pada 32GB yang datang bersama dengan smartphone. Sony smartphone membuktikan dirinya menjadi lebih akomodatif meskipun memori internal hanya 16GB. Namun, dukungan kartu memori dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas memori eksternal hingga 128GB.

Mengenai sistem operasi, Sony Xperia Z3 dan Samsung Galaxy Alpha berjalan dengan Android KitKat, karya terbaru dari Android. Selain itu, smartphone Samsung menggabungkan tampilan antarmuka TouchWiz UI terbaru, sedangkan handset Sony memiliki kemungkinan upgrade sistem operasi ke tingkat yang lebih tinggi.

Samsung Galaxy Alpha dilengkapi dengan baterai yang bisa dilepas namun memiliki kapasitas lebih kecil dibandingkan dengan Sony Xperia Z3 yang dibekali baterai lebih kuat namun tidak dapat diganti-ganti.

Share.

Leave A Reply