Kamis, 9 Juli 2020
Beranda Teknologi Info Gadget Terbaru Sony Xperia Z3 vs Xperia Z3 Compact, Bentrok Harga dan Spesifikasi

Sony Xperia Z3 vs Xperia Z3 Compact, Bentrok Harga dan Spesifikasi

RANCAH POST – Sony Xperia Z3 memanglah satu-satunya flagship yang disuguhkan Sony tahun ini. Namun di sisi lain, kita juga tidak dapat melepaskan mata kita dari satu handset lagi yang bisa dikatakan sebagai flagship dari Sony, yakni Sony Xperia Z3 Compact.

Meski hadir dengan ukuran yang lebih mungil, serta menyandang gelar sebagai varian mini dari Xperia Z3, handset Xperia Z3 Compact ini tidak dapat diremehkan. Karena berbeda dengan varian mini pada umumnya, handset Xperia X3 Compact ini hadir dengan spesifikasi kelas hight-end yang lumayan, serta patut diperhitungkan.

Desain

Dari segi desain, nyaris tidak ada yang berbeda dari kedua handset ini. Selain dari segi ukuran tentunya, kedua handset Xperia terbaru ini hadir dengan inti desain yang sama. Handset Sony Xperia Z3 hadir dengan berbalutkan desain OmniBalance, frame berbahan metal, dengan kaca di bagian belakangnya.

Mungkin di sinilah letak poin pembeda antara kedua gadget unggul ini. Karena meski membawa desain OmniBalance dan diserta kaca yang sama di bagian belakang, handset Xperia Z3 Compact tidak membawa frame berbahan metal. Melainkan hanya frame biasa, dengan bahan plastik. Akan tetapi, bahan plastik ini justru makin menambah daya tarik dari Xperia Z3, yang dianggap cukup atraktif dan dapat dikatakan sebagai poin tambah.

Disamping itu, dari segi warna, kedua handset ini sama-sama hadir dalam dua versi warna. Yakni hitam dan putih. Namun seiring berkembangnya minat pasar, pihak Sony kemudian menambah pilihan warna pada handset Xperia Z3, yakni copper and silver green. Sementara Xperia Z3 COmpact dapat tambahan warna Orange dan Hijau saja.

Selanjutnya, sebagai handset kebanggaan Sony, keduanya hadir dengan sertifikasi IP65/68, yang mengindikasikan bahwa keduanya tahan terhadap gangguan debu dan air. Keduanya juga hadir dengan tubuh yang amat ramping, dimana Xperia Z3 memiliki ketebalan mencapai 7.3mm, sementara Xperia Z3 Compact sedikit lebih tebal, yakni 8,6mm.

Display

Ini mungkin akan menjadi perbedaan paling signifikan dari kedua handset tersebut. Dimana Xperia Z3 membawa layar sebesar 5,2 inci, sementara layar Xperia Z3 Compact hanya sebesar 4,6 inci saja. Berbeda memang, namun di sini, Xperia Z3 Compact juga punya kelebihan, dengan ukurannya yang lebih mungil, ia jadi lebih mudah untuk dipegang dan lebih nyaman saat digunakan.

Selain dari ukuran, besar piksel yang dibawapun cukup berbeda, dimana Xperia Z3 hadir dengan resolusi layar sebesar 1080 x 1920 piksel, sedangkan Xperia Z3 Compact hanya 720 x 1280 saja. Diluar itu, layar dari kedua handset ini bisa dikatakan cukup serupa. Keduanya merupakan layar IPS LCD yang paling terang pada kelasnya, serta dilengkapi berbagai teknologi unggul Sony seperti Live Colour LED misalnya.

Dapur Pacu

Untuk masalah dapur pacu, kedua handset ini ditanami chipset yang sama, yakni chip Qualcomm Snapdragon 801 2,5GHz, dengan GPU Adreno 330. Namun untuk RAM, XPeria Z3 tampaknya lebih unggul dengan kapasitas RAM mencapai 3GB, sementara Xperia Z3 Compact hanya membawa RAM sebesar 2GB saja.

Kapasitas untuk internal memory dari kedua handset ini juga cukup sama, yakni sebesar 16GB, dengan tambahan slot MicroSD yang support hingga lebih dari 128GB.

Kamera

Akhirnya, kita sampai juga pada topik yang paling hangat, kamera. Topik ini emang cukup populer di kalangan anak muda yang doyan foto-foto plus narsis di media sosial. Oke langsung aja, untuk masalah kamera ini, tampaknya Sony tidak mau pilih kasih. Keduanya, baik Sony Xperia Z3 maupun Xperia Z3 Compact, dibekali dengan modul dan fitur kamera yang sama.

Keduanya dibekali 20.7MP sensor Exmor RS dengan 25mm G Lens dan dilengkapi setting ISO 12800, yang akan memberikan kualitas foto low-light yang lebih baik, ketimbang para pendahulunya.

Kamera ini juga dapat digunakan untuk merekam sebuah video 4K dengan tambahan 2.2MP kamera di bagian depan.

Baterai

Nah, untuk urusan baterai, tampaknya Sony Xperia Z3 mendapatkan perlakuan yang lebih baik. Dimana ia dibekali dengan baterai berkapasitas 3200mAh. Berbeda dengan Xperia Z3 Compact yang hanya mendapat jatah 2600mAh saja pada baterainya. Meskipun kapasitas tersebut terbilang cukup jago untuk handset sekelasnya.

Dengan kapasitas tersebut, Xperia Z3 dapat bertahan selama 19 jam untuk menelpon, 10 jam merekam video, atau selama 740 jam untuk standbay. Sementara Xperia Z3 Compact hanya mampu bertahan selama 10 jam waktu bicara, 14 jam video dan 920 jam waktu standbay. Cukup lama bukan?

Harga

Nah, sekarang anda sudah tahu perbandingan dari kedua handset tersebut, dan mungkin anda sudah memilih salah satunya. Namun masih ada satu hal lagi yang perlu anda pertimbangkan,. Yakni harganya. Berapakah perbandingan harga untuk kedua handset ini? Mari kita simak bersama.

Perbandingan harga dari kedua handset ini sebenarnya tidak terlalu jauh bebeda.

Di tanah air sendiri, handset Xperia Z3 dibandrol dengan harga sekitar Rp. 8.399.000,-. Sementara Xperia Z3 Compact ditawarkan dengan harga Rp. 6.987.800,-.

Harga ini saya ambil dari salah satu situs ritel populer di Indonesia, yakni Lazada.co.id. Harganya tentu dapat bervariasi, sesuai dengan promo serta bundle yang ditawarkan.

Bagaimana? Sudah anda putuskan, yang mana yang akan anda miliki?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,376FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan