RANCAH POSTMicrosoft merilis versi baru yang telah ditingkatkan dari aplikasi software Microsoft Office untuk iPhone dan iPad, sebuah strategi perusahaan untuk tetap setia bagi para pekerja di dunia yang semakin mobile.

Microsoft Office ini juga berjalan pada versi terbaru untuk tablet dan smartphone Android, meskipun pada kenyataannya aplikasi belum siap untuk rilis secara global.

Semakin banyaknya pekerja menggunakan smartphone dan tablet bersama dengan PC desktop, mereka ingin memiliki kemampuan yang sama pada semua perangkat mereka, kata Michael Atella, direktur aplikasi manajemen produk Microsoft Office. Microsoft telah bekerja selama dua tahun terakhir untuk membangun versi berbasis web untuk software dan aplikasi yang dapat dengan mudah digunakan pada layar yang lebih kecil, tetapi masih familiar dengan orang-orang yang menggunakannya pada desktop.

Update gratis ini termasuk Word, Excel dan PowerPoint, menggantikan versi iPhone terbatas dan meng-upgrade satu set aplikasi yang lebih kuat yang mana perusahaan rilis pada tablet iPad pada bulan Maret, telah di-download sebanyak 40 juta kali. iPhone lama memungkinkan pengguna untuk melihat file dan melakukan pengeditan kecil, namun aplikasi baru akan menyerupai versi iPad dan memiliki lebih dari kemampuan yang ditemukan dalam perangkat lunak Office yang digunakan pada komputer desktop. Tidak seperti versi iPad sebelumnya, aplikasi baru tidak memerlukan langganan untuk membuat file baru atau dokumen. Sementara aplikasi ini gratis, Microsoft berharap untuk menghasilkan uang dengan menjual fitur premium, termasuk fitur keamanan bagi pengguna bisnis, melalui layanan Office 365 berlangganan.

Perangkat lunak Microsoft Office secara luas digunakan oleh bisnis, tetapi menghadapi persaingan dari web dan program mobile yang dibuat oleh Google, Apple dan saingan lainnya. Meskipun sebagian besar dari pendapatan Microsoft Corp masih berasal dari perangkat lunak tradisional, CEO Satya Nadella ingin mengalihkan fokus perusahaan untuk produk mobile dan berbasis web. Perusahaan berbasis di Redmond, Washington baru-baru ini mengatakan menunda untuk memproduksi versi baru dari Microsoft Office untuk komputer Apple Mac sehingga bisa fokus pada aplikasi mobile.

Salah satu tantangan besar bagi Microsoft berasal dari kompleksitas membangun versi yang berbeda dari masing-masing aplikasi untuk sistem operasi mobile yang tengah bersaing. Apple iPhone dan iPad telah tertinggal jauh dibandingkan dengan smartphone dan tablet yang menggunakan sistem operasi Android. Tapi versi yang berbeda dari Android dijalankan pada berbagai perangkat dari produsen berbeda. Microsoft juga memiliki sistem operasi mobile sendiri, meskipun masih tidak banyak digunakan.

Share.

Leave A Reply