RANCAH POSTSamsung Galaxy Note 4 adalah salah satu smartphone paling populer tahun ini. Handset pertama yang memiliki fitur chipset terbaru Snapdragon 805. Meskipun masih banyak handset yang hadir kemudian namun masih memiliki chipset yang lebih tua yakni Snapdragon 801 atau 800.

Motorola Droid Turbo meluncur dengan spesifikasi yang hampir mirip dengan Galaxy Note 4. Kami akan membandingkan antara kedua handset untuk mengetahui mana yang tepat untuk menjadi handset pilihan Anda.

Layar Quad HD
Samsung Galaxy Note 4 dan Motorola Droid Turbo sama-sama memiliki tampilan layar Super AMOLED yang mendukung resolusi quad HD 1.440 x 2.560 piksel. Galaxy Note 4 memiliki ukuran layar 5,7 inci dengan resolusi 515 ppi, sedangkan Droid Turbo memiliki layar 5,2 inci serta mendukung resolusi 565 ppi. Kedua monitor menawarkan tampilan yang brilian dan kontras tinggi.

Chipset Snapdragon 805
Di antara lini smartphone yang ada saat ini, satu-satunya smartphone yang memiliki fitur SoC Snapdragon 805 termasuk Galaxy Note 4, Galaxy Note Edge dan Google Nexus 6. Kemudian Motorola Droid Turbo bergabung ke dalam jajaran smartphone premium.

Chipset Snapdragon 805 pada kedua smartphone dipasangkan dengan prosesor quad-core Krait 450 yang menawarkan kecepatan pemrosesan pada 2,7 GHz. Juga dibekali grafis Adreno 420 serta RAM 3 GB. Kedua handset mampu mendukung game 3D yang berat. Dengan RAM onboard yang besar, pengguna dapat merasakan pengalaman multitasking yang sempurna pada kedua perangkat.

Android 4.4.4 KitKat (yang bisa diupgrade ke Android 5.0 Lollipop)
Android 4.4.4 KitKat pada Samsung Galaxy Note 4 dilapisi dengan TouchWiz UI. Fitur S-Pen stylus pada handset, Samsung memiliki banyak fitur khusus yang dirancang untuk stylus intuitif seperti Smart Select, Screen Write dan Action Memo bersama dengan mode multi-Window untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dengan memisahkan layar.

Motorola Droid Turbo berjalan pada sistem operasi Android 4.4.4 KitKat. Hal ini juga dikemas dengan fitur perangkat lunak eksklusif dari pembuatan seperti Moto Display, Moto Voice, Moto Assist dan Moto Tindakan dan beberapa fitur khusus lainnya seperti Zap Zone dan Zap ke TV. Karena handset tersedia melalui Verizon, ia juga dilengkapi beberapa aplikasi dari operator.

Baterai
Samsung Galaxy Note 4 memiliki baterai berkapasitas 3220 mAh. Berdasarkan hasil uji baterai Galaxy Note 4, handset menawarkan waktu bicara 3G lebih dari 28 jam, browsing web terus menerus selama lebih dari 10 jam dan lebih dari 17 jam pemutaran video secara terus menerus. Teknologi pengisian baterai dengan cepat, mampu mengisi baterai Note 4 dari nol sampai setengah hanya dalam 30 menit.

Motorola Droid Turbo dibekali baterai non-removable 3.900 mAh yang dapat bertahan hingga 48 jam, sebagaimana diklaim CNET. Sementara menurut PhoneArena, baterai ini mampu bertahan lebih lama dibanding Note 4 karena Droid Turbo memiliki UI yang ringan. Juga, Motorola Turbo Charger bila digunakan untuk pengisian handset dapat menghasilkan daya lebih dari 8 jam dengan hanya pengisian selama 15 menit.

S-Pen stylus dan aplikasi yang berhubungan pada Note 4 bisa jadi daya tarik, namun baterai yang lebih besar dan tampilan yang lebih kecil Motorola Droid Turbo mungkin akan menjadi daya tarik tersendiri bagi yang tidak ingin berinvestasi pada phablet besar.

Harga
Harga dari Samsung Galaxy Note 4 dilego Rp9 jutaan, sedangkan Motorola Droid Turbo dijual dengan harga Rp7 jutaan.

 

Share.

Leave A Reply