Kamis, November 26, 2020
Beranda Teknologi Internet Microsoft Luncurkan Aplikasi Video Chat Skype Qik untuk Android, iPhone & Windows...

Microsoft Luncurkan Aplikasi Video Chat Skype Qik untuk Android, iPhone & Windows Phone

RANCAH POSTMicrosoft telah membuat aplikasi baru yang menggunakan Skype, dan meluncurkan versi pertamanya pada perangkat handset Android, iPhone dan Windows Phone pada tanggal 14 Oktober.

Aplikasi baru yang diberi nama Skype Qik, tersedia di seluruh dunia dalam 21 bahasa untuk ketiga platform. Ada tiga versi dari aplikasi gratis (bebas iklan) dan dapat di-download dari Google Play Store, Apple App Store dan Windows Phone Store.

Sebuah tim kecil dalam Skype mengembangkan aplikasi video-chat selama enam bulan terakhir, kata sumber resmi. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk mengatasi bagian dari pasar ponsel yang bergerak menjauh dari yang dijadwalkan, komunikasi one-by-one, kata Kepala Program Manager Lead, Dan Chastney.

Dengan Skype Qik, “Kami ingin menjaga keintiman antara panggilan Skype dan ingin menjadi ringan dan nyaman seperti SMS dan IM,” kata Chasney.

Meskipun Skype Qik adalah bagian dari keluarga Skype, pengguna tidak perlu memiliki Skype untuk menerima pesan-pesan video Skype Qik. Semua yang dibutuhkan untuk berkomunikasi adalah nomor ponsel. Tidak ada informasi kontak yang disimpan di Microsoft atau cloud perusahaan.

Jika pengguna memiliki Skype Qik, aplikasi akan memberitahu jika ada pesan yang diterima. Jika aplikasi tidak diinstal, pengguna menerima SMS dengan link yang menyediakan download untuk aplikasi. Pesan akan menunggu setelah aplikasi terinstal.

Pesan pendek Qik, yang berdurasi 42 detik, akan hancur dengan sendirinya (seperti Snapchat, Microsoft Xim dan pesan Microsoft Research WindUp) setelah dua minggu. Pengguna mempunyai pilihan untuk jika berubah pikiran dan menghapus setiap video telah dikirim dari chatting, tergantung apakah sudah dilihat atau belum. Pengguna juga dapat memblokir kontak di ponsel Android dan Windows Phone, sebuah fitur yang akan tersedia di iPhone dalam beberapa bulan mendatang.

Pengguna juga disediakan pilihan untuk mengirim pra-rekaman Qik Fliks, pesan lima detik berupa file GIF seperti halnya pesan video. Qik Fliks telah tersedia di Android dan iOS dan dalam beberapa bulan mendatang juga akan sambangi Windows Phones.

Beberapa bulan sebelum Microsoft membeli Skype, Skype sendiri telah membeli vendor video messaging Qik senilai USD100 juta pada tahun 2011. Juru bicara Microsoft mengatakan bahwa aplikasi Skype Qik tidak menggunakan apapun dari Qik selain merek.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here