RANCAH POST – Di Indonesia banyak sekali destinasi menyelam. Sehingga banyak para Diver jatuh cinta dengan perairan nusantara. Ini dia tujuh rekomendasi tempat diving paling dicari di wilayah Indonesia Timur.

Raja Ampat
Raja Ampat dikenal dengan suranya wisata penyelaman. Bagaimana tidak, perairan di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat, ini diakui sebagai salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia dengan pertimbangan kelengkapan flora dan fauna bawah laut saat ini. Di sana, ditemukan ratusan jenis karang sempat diidentifikasi selama dua pekan penelitian di daerah itu. Fauna bawah lautnya pun beragam, Anda dapat menemui mulai dari ikan paus hingga ikan nemo. Di beberapa tempat seperti di Salawati, Batanta dan Waigeo juga terlihat Dugong atau ikan duyung.

Yang menarik, karena daerahnya yang banyak pulau dan selat sempit, maka sebagian besar tempat penyelaman pada waktu tertentu memiliki arus kencang. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan drift dive, yaitu penyelaman dengan mengikuti arus yang kencang pada air laut yang jernih sekaligus menerobos kumpulan ikan.

Alor
Nusa Tenggara Timut (NTT). Selain indah, Alor menjadi tempat penyelaman yang baik untuk pemula. Pemandangannya yang indah diisi oleh fauna semacam ikan paus, hiu, pari, sampai ikan-ikan kecil. Di Sana, Anda juga dapat menemukan kontur terumbu karang yang berbeda-beda.

Pulau Komodo
Kepulauan yang satu ini memiliki ratusan tempat menyelam. Banyak diantaranya  belum sempat terjamah. Pada hari-hari biasa, suhu air laut bisa berkisar antara 27 derajat sampai 30 derajat. Saat itu, di beberapa titik selam suhu bisa turun sampai 18 derajat. Lautnya berwarna cerah sehingga Anda dapat melihat dalam jarak pandang hingga 50 meter. Dengan lebih dari 1200 spesies laut yang berbeda, Kepulauan Komodo telah menjadi salah satu tempat terbaik menyelam saat ini.

Morotai
Keistimewaan Morotai sebagai lokasi penyelaman ialah adanya kapal karam (ship wreck) di lautnya. Di sana Anda dapat menikmati pesona biota bawah laut yang menjadikan kapal karam ini sebagai rumah mereka.

Biak atau Kawasan Padaido
Menikmati sejarah sambil mengamati biota bawah aut yang indah? Di sini tempatnya. Di Pulai Padaido, Anda dapat menikmati pengalaman menyelam di goa bawah laut sambil melihat sisa-sia peninggalan bekas Perang Dunia II yang menyebar hingga Pulau Yapen berupa bangkai-bangkai kapal karam, pesawat hingga tank.

Wakatobi
Ada empat pulau di Wakatobi, beberapa area laut di kepulauannya juga termasuk luas dan memiliki biota laut yang indah.

Banda Neira
Ada banyak biota laut yang dapat dinikmati di sini dengan terumbu karang yang maish segar dan jarak penglihatan di dalam laut hingga 40 meter. Airnya masih jernih, belum ada partikel yang membuatnya keruh.

Share.

Leave A Reply