Minggu, 20 September 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Cara Hindarkan Mie Menjadi Lengket Setelah Direbus

Cara Hindarkan Mie Menjadi Lengket Setelah Direbus

RANCAH POST – Mie merupakan salah satu bahan yang enak dan praktis. Namun, seringkali ketika direbus, mie jadi lengket dan sulit dibumbui.

Apakah Anda juga sering mengalaminya? Pasti rasanya sedikit menjengkelkan. Hal ini bisa mempengaruhi rasa dari mie tersebut. Nah, Anda bisa mencegah atau mengatasinya dengan beberapa hal seperti di bawah ini.

Olesi Dengan Minyak
Setelah ditiriskan, beri satu atau beberapa sendok makan minyak nabati. Secukupnya saja agar mie tidak lengket untuk sementara. Gunakan minyak baru agar tidak mempengaruhi rasa dari makanan tersebut. Bila Anda menyisihkannya dalam waktu lama, setiap beberapa waktu sekali, aduk kembali mie karena mie tetap bisa lengket bila terlalu lama didiamkan.

Beri Bumbu Basah
Saat mie sudah sangat lengket dan menggumpal jadi satu, buatlah sebuah bumbu cair. Gunakan sedikit saja air dan masukkan bumbu ke dalamnya. Panaskan dengan api kecil. Setelah cukup panas, masukkan mie sambil mengurainya perlahan-lahan. Pastikan banyaknya bumbu cair ini cukup untuk waktu penguraian mie dan pembumbuan agar bumbu merata ke seluruh mie.

Minyak Zaitun Pada Rebusan Air
Tambahkan sedikit minyak zaitun atau minyak sayur pada rebusan air. Rebus mie seperti biasa. Cara ini bisa digunakan untuk mencegah mie lengket, tapi tidak dalam waktu yang lama. Bila mie kembali lengket, ulangi memasak air rebusan dengan minyak. Setelah air cukup panas, urai mie dalam kondisi api mati.

Dijadikan Mie Kuah
Cara yang lebih mudah adalah menjadikannya mie kuah. Namun agar mie tidak mengembang dan terlalu lembek, Anda bisa menyiramkan kuahnya tepat 2-3 menit sebelum disajikan. Jadi, mie yang sudah ditiriskan bisa diberi minyak atau tidak, kemudian sisihkan. Siapkan kuah kaldu, kemudian siramkan saat akan dimakan. Jadi kuah masih panas dan mie masih terasa kenyal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,993FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan