RANCAH POSTSony Xperia C3 disebut sebagai smartphone selfie terbaik dunia, diluncurkan pada bulan Juli. Xperia C3 dibanderol harga murah dan akan tersedia di pengecer pada kuartal ketiga tahun 2014. Sementara itu, HTC Desire 816 dirilis pada Mei.

Para gadget geek yang tertarik dengan HTC Desire 816 atau Sony Xperia C3 harus memeriksa terlebih dahulu fitur, harga dan spesifikasi sebagai perbandingan dari kedua perangkat tersebut.

Display, eksterior dan ukuran
Menariknya, kedua ponsel hadir dengan layar 5,5 inci, dengan resolusi 720×1280 piksel dan kerapatan 267 ppi piksel. Xperia C3 menggunakan layar LCD IPS, sedangkan Desire 816 menggunakan layar Super LCD2.

HTC Desire 816 hadir dengan plastik glossy polikarbonat seperti tampilan logam yang high-end HTC One M8. Sony Xperia C3, handset dilengkapi dengan teknologi layar Triluminos yang identik dengan high-end handset Sony dan mobile BRAVIA Engine 2. Kombinasi ini memberikan handset Xperia C3 tampil dengan warna yang lebih baik dan reproduksi gambar.

Ketebalan dan berat Sony Xperia C3 adalah masing-masing 0,30 inci dan 149 g. Sedangkan HTC Desire 816 adalah 0,31 inci tebal dan beratnya 165 g.

Hardware, software dan memory
Kedua handset sama-sama didukung oleh prosesor quad-core (Qualcomm Snapdragon 400) Cortex-A7. Sementara prosesor Sony bekerja pada 1,2 GHz dan didukung oleh 1 GB RAM, perangkat HTC bekerja pada clock 1,6 GHz dan memiliki 1,5 GB RAM.

Xperia C3 berjalan pada sistem operasi Android v4.4.2 KitKat, sedangkan HTC Desire 816 berjalan pada versi Android yang sama dengan Xperia bersama dengan HTC Sense 6.0 UI. Selain itu, kedua handset hadir dengan 8 GB penyimpanan internal dan dukungan kartu microSD untuk ekspansi. Namun, batas ekspansi HTC Desire 816 dan Sony Xperia C3 masing-masing terbatas pada 128 GB dan 32 GB.

Kamera dan baterai
Handset HTC dilengkapi kamera menghadap ke belakang 13 MP dengan LED flash, sedangkan ponsel Sony dibekali kamera utama 8 MP dengan LED flash. Selain itu, kedua ponsel dengan kameran depan 5 MP. Sony Xperia C3 dilengkapi dengan flash LED yang unik, tetap setia dengan nama smartphone selfie terbaik dunia.

Seiring dengan flash LED frontal, Xperia C3 juga memberikan pandangan sasaran 80 derajat. Selain itu, selfie dapat diambil dalam berbagai cara. Fungsi Smile Shutter memungkinkan selfie yang akan diambil hanya dengan senyum dan cara lain adalah untuk memanfaatkan dua kali di bagian belakang handset.

Menyoal baterai, HTC Desire 816 disematkan baterai Li-Po 2600 mAh, sedangkan Xperia C3 dibekali baterai Li-Ion 2500 mAh.

Lain-lain
Selain pilihan konektivitas standar, Xperia C3 juga mendukung NFC, sedangkan HTC Desire 816 tidak. Kedua ponsel tidak memiliki ketahanan debu / air. Handset Sony mendukung micro-SIM, handset HTC mendukung nano-SIM. Selain itu, kedua handset hadir dengan dukungan dual-SIM.

HTC Desire 816 hadir dalam pilihan warna hitam, putih, merah/oranye, warna hijau dan abu-abu, sedangkan Sony Xperia C3 hadir dalam warna hitam, putih dan mint.

Harga
HTC Desire 816 (Dual-SIM) dijual dengan harga Rp4,500,000 (Lazada), sementara itu, Sony Xperia C3 dibanderol harga Rp3,7 jutaan.

Share.

Leave A Reply